cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
ISSN : 20862407     EISSN : 2549886X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and learning Physics research results that have been achieved, both at school and in college.
Arjuna Subject : -
Articles 287 Documents
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIAGRAM ALIR KALOR BAGI SISWA KELAS SEPULUH SATU SMA 4 KOTA TEGAL Setiawan, Bambang
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 2, No 2/september (2011): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas inimempunyai tujuan meningkatkan hasil belajar Fisika di SMANegeri 4 Tegal pada umumnya dan meningkatkan hasil belajarFisika perhitunhan asa Black kelas sepuluh satu padakhususnya.Penelitian ini dilaksanakan pada semester dua yaitu bulanJanuari sampai Juni 2011 (enam bulan) di lokasi SMA N 4Tegal, dimana peneliti bertugas mengajar. Adapun yangmenjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X(sepuluh)SMA N 4 Tegal.Dari hasil pengamatan diperoleh hasil penelitian, antaralain adanya peningkatan tindakan dari pembelajaran tanpamenggunakan alat peraga, menggunakan alat peraga dalamkelompok besar, meningkat lagi menggunakan alat peraga Ndalam kelompok kecil. Peningkatan hasil belajar dari nilai ratarataawal31,76 meningkat menjadi 54,24 dan meningkat lagimenjadi 65,90. Dalam proses pembelajaran terlihat adanyapeningkatan dari situasi awal siswa tidak aktif, meningkatmenjadi pembelajaran siswa aktif. Hal ini dikarenakan adanyaalat peraga yang digunakan dalam proses pembelajaran, yangmembantu siswa memahami konsep yang diajarkan, yaitudengan menggunakan diagram alir kalor. Kata kunci : peningkatan, hasil belajar,pemanfaatan,media
WAYANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG PADA SISWA KELAS VIII SMP PURNAMA 1 SEMARANG Septa, Danang; Khoiri, Nur
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA-Fisika cukup rendah,padahal IPA sekarang menjadi mata pelajaran yang ikut UjianNasional. Untuk mensiasati hal tersebut, perlu dikembangkan media–media yang dimaksudkan untuk meningkatkan minat siswa dalambelajar fisika sehingga dapat mendongkrak hasil belajar siswa. Mediayang dimaksud adalah wayang. Masalah yang diungkap dalampenelitian ini adalah bagaimana memfungsikan wayang sebagaimedia pembelajaran fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswapada pokok bahasan getaran dan gelombang. Tujuan penelitian iniadalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaranfisika menggunakan media wayang pada pokok bahasan getaran dangelombang pada siswa kelas VIII SMP Purnama 1 Semarang.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian iniadalah Metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakandalam 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIIISMP Purnama 1 Semarang pada semester ganjil tahun 2008/2009.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan wayang sebagaimedia pembelajaran fisika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan rata-ratahasil belajar IPA Fisika pada ranah kognitif maupun afektif siswa.Berturut-turut mulai dari siklus 1 sampai siklus 2 selalu mengalamipeningkatan.
PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN PERHATIAN MAHASISWA1) Handhika, Jeffry
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of the research are to know : (1) the effect of guided inquiryphysics learning using eksperiment and demonstration method to theconcept’s mastery in dynamic electricity, (2) the effect of high, medium andlow activity in physics learning to the concept’s mastery in dynamicelectricity, (3) the effect of high, medium and low physics learning collagestudent attention in physics learning to the concept’s mastery in dynamicelectricity, (4) interaction in physics learning between learning method andactivity to the concept’s mastery in dynamic electricity, (5) interaction inphysics learning between learning method and physics learning collegestudent attention to the concept’s mastery in dynamic electricity; (6)interaction in physics learning between activity and physics learning collagestudent attention to the concept’s mastery in dynamic electricity, (7)interaction in physics learning between learning method, activity and physicslearning collage student attention to the concept’s mastery in dynamicelectricity. The research is using experiment method. The technique ofanalyzing data is ANAVA three ways different cell. Based on the result of theresearch are concluded : (1) there is an effect of guided inquiry physicslearning using eksperiment and demonstration method to the concept’smastery in dynamic electricity, (2) there is an effect of high, medium and lowactivity in physics learning to the concept’s mastery in dynamic electricity,(3) there is an effect of high, medium and low physics learning collagestudent attention in physics learning to the concept’s mastery in dynamicelectricity, (4) there is no interaction in physics learning between learningmethod and activity to the concept’s mastery in dynamic electricity, (5) thereis no interaction in physics learning between learning method and physicslearning second collage student attention to the concept’s mastery indynamic electricity; (6) there is no interaction in physics learning betweenactivity and physics learning collage student attention to the concept’smastery in dynamic electricity, (7) there is no interaction in physics learningbetween learning method, activity and physics learning collage studentattention to the concept’s mastery in dynamic electricity.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA PENCOCOKAN KARTU INDEKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E SMP N 2 PECANGAAN JEPARA Isnaini, Nikmatul; Fatonah, Siti
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pengajaran yang cenderung monoton yaitu denganmenekankan pada hafalan-hafalan mengakibatkan minat siswauntuk belajar IPA-fisika menjadi rendah. Hal tersebut dapatmengakibatkan hasil belajar siswa rendah pula. Untukmeningkatkan hasil belajar siswa, perlu dilakukan upayaperbaikan pada sistem pengajaran yakni dengan modelpembelajaran aktif menggunakan media pencocokan kartu indeks.Masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalahbagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar siswa pada pokokbahasan alat optik dengan menggunakan media pencocokan kartuindeks? Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar padasiswa menggunakan model pembelajaran aktif dengan mediapencocokan kartu indeks. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2Pecangaan Jepara dan merupakan penelitian tindakan kelas(PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah42 siswa dalam satu kelas. Sedangkan siswa yang mengikutipenelitian berjumlah 40 siswa. Data masukan dalam penelitian iniada 2 macam, yaitu data kuantitatif yang didapat dari tes danobservasi serta data kualitatif yang didapat dari angket. Hasilpenelitian menunjukkan siklus I ke siklus II mengalamipeningkatan baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
MODEL PENGEMBANGAN MODUL IPA1TERPADU BERDASARKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA1) Nuroso, Harto; Siswanto, Joko
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi oleh kesesuaian tingkatberfikir dengan materi yang diajarkan. Permasalahan dalampenelitian ini adalah : (1) bagaimanakah tingkat perkembangankognitif siswa SMP di Kota Semarang ? (2) bagaimanakah desainmodel pengembangan modul IPA Terpadu berdasarkanperkembangan kognitif siswa ?.Tujuan dilakukannya penelitian iniadalah menyelidiki tingkat perkembangan kognitif (kemampuanberpikir abstrak) siswa SMP di Kota Semaran dan) mendesainmodel pengembangan modul IPA Terpadu berdasarkanperkembangan kognitif.Penelitian ini diharapkan dapat memberikanpengetahuan kepada guru IPA untuk menyusun modul berdasarkanperkembangan kogniti dan dapat memberikan sumbangan pemikirantentang pentingnya penyusunan bahan ajar terutama modul yangdisesuaikan berdasarkan perkembangan kognitif siswa.Penelitian iniadalah R & D (Research and Development), dan dilakukan sampaipada mendesain model pengembangan modul berdasarkanperkembangan kognitif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1)perkembangan kognitif (kemampuan berpikir abstrak) siswa-siswiSMP di Kota Semarang (Siswa kelas VII di SMP 10 Semarang, SMP13 Semarang, SMP 14 Semarang dan SMP 20 Semarang) rata-ratamasih rendah, (2) kemampuan berpikir abstrak rendahmenyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar IPA, (3) telahberhasil didesain model pengembangan modul IPA Terpaduberdasarkan perkembangan kognitif siswa yang langkah-langkahnyaterdiri dari penentuan mata pelajaran yang menjadi objekpengembangan, analisis kebutuhan modul, penyusunan danpengembangan draft modul IPA Terpadu, tinjauan ahli dan uji coba.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA MELALUI PERMAINAN MONOPOLI BAGI SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 GAJAH DEMAK SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2008/2009 Riyanti, Riyanti; Kurniawan, Wawan Kurniawan
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAFisika.Manfaat dari penelitian ini secara umum adalah untukmendapatkan teori baru tentang peningkatan hasil belajar IPAFisikamelalui permainan “monopoli” serta sebagai dasarpenelitian selanjutnya. Manfaat praktis bagi siswa untukmeningkatkan hasil belajarnya, meningkatkan rasa senang danmotivasi belajar IPA-Fisika. Bagi guru bermanfaat untukmendorong kreativitas dan inovasi dalam mendesainpembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakanmetode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan(Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan(Observing) dan refleksi (Reflecting) oleh guru dalam bentukkartu. Hasil pekerjaan siswa didiskusikan dalam kelompok dantidak dipresentasikan. Pada siklus II juga demikian. Setelah siswabekerja secara individu hasilnya didiskusikan pada kelompokbesar. Perwakilan dari kelompok besar mempresentasikanhasilnya ke depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain. Hasilbelajar selama 3 kali ulangan harian sebelum diberi tindakan nilaitertinggi yang dicapai oleh siswa sebesar 79, nilai terendahnya 37dan rata-rata nilainya 49. jumlah siswa yang aktif kurang lebih 13anak dari 20 anak atau 65 %. Pada siklus I hasil belajar siswameningkat yaitu nilai tertinggi 87, nilai terendah 33, dan rata-ratanilai sebesar 63. Rata-rata 93,33 %. Hasil belajar siswa padasiklus II nilai tertinggi 90, nilai terendah 40, dan rata-rata nilaisebesar 67, rata-rata peran aktif siswa 98 %.
ANALISIS PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU IPA DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN INKLUSIF RAMAH PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS1) Nyoman Murniati, Ngurah Ayu
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah yang ramah terhadap anak merupakan sekolah di manasemua anak memiliki hak untuk belajar mengembangkan semuapotensi yang dimilikinya seoptimal mungkin di dalam lingkunganyang nyaman dan terbuka. Menjadi “ramah” apabila keterlibatandan partisipasi semua pihak dalam pembelajaran tercipta secaraalami dengan baik. Sekolah bukan hanya tempat untuk anakbelajar, tapi guru pun juga ikut belajar dari keberagaman anakdidiknya. Lingkungan pembelajaran yang ramah berarti ramahkepada anak dan guru, artinya: Anak dan guru belajar bersamasebagai suatu komunitas belajar; Menempatkan anak sebagaipusat pembelajaran; Mendorong partisipasi aktif anak dalambelajar; dan Guru memiliki minat untuk memberikan layananpendidikan yang terbaik. Realita yang ada pembelajaran menjadikurang bermakna terlebih kebijakan pemerintah akhir – akhir inimenyatakan bahwa pelajaran IPA termasuk pelajaran yang diujinasionalkan. Sehingga perlu dibutuhkan pembelajaran yang baikyang dapat memudahkan pemahaman siswa. Tingkat pemahamanrendah, pembelajaran kurang bermakna dan hasil belajar rendahbiasa menghiasi pembelajaran IPA. Guru perlu mengelola danmengembangkan kemampuannya dalam meningkatkanpemahaman dan ketrampilan berpikir siswa. Sebagai bentukrefleksi dan perbaikan pembelajaran dalam rangka meningkatkankebermaknaan belajar siswa, guru dapat melakukan penelitiantindakan kelas.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA MULTY BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009 Pagunanto, Pagunanto; Saefan, Joko
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni apakah penggunaan alatperaga Multy Board dapat meningkatkan hasil belajar IPA Fisikapada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5 Demak?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAfisika pada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5Demak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 5 Demak pada semestergenap Tahun Pelajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 27 siswalaki-laki dan 16 siswa perempuan meliputi dua siklus. Hasil siklusdianalisis dengan cara mengolah nilai tes siswa sebelum dilakukantindakan dan setelah dilakukan tindakan melalui dua siklustersebut. Hasil belajar lebih meningkat, pada siklus pertama (1)dari 43 siswa yang tuntas belajar 33 siswa ( 76,74 % ), sedangpada siklus kedua (2) dari 43 siswa yang tuntas belajar mencapai39 siswa ( 90,70 % ) sehingga mengalami peningkatan dari sikluspertama (1) ke siklus kedua (2) sebesar 13,96 %. Berdasarkananalisis data disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga ”multiboard” dalam pembelajaran IPA-Fisika dapat meningkatkanpemahaman konsep pembentukan bayangan pada cermin sehinggahasil belajarnyapun meningkat.
MEMADUKAN LABORATORIUM NYATA DAN MAYA DENGAN PENUGASAN SISWA BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN GETARAN DAN GELOMBANG ikip pgri semarang, Ponimin
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan penelitian ada dua yaitu ;1) Apakah pembelajarandengan memadukan laboratorium riil dan virtuil disertaipenugasan siswa berbasis multimedia pada pembelajarangetaran dan gelombang dapat meningkatkan motivasi, keaktifandan kreatifitas siswa? 2) Apakah pembelajaran denganmemadukan laboratorium riil dan virtuil disertai penugasan siswaberbasis multimedia pada pembelajaran getaran dan gelombangdapat meningkatkan hasil belajar siswa?.Tujuan penelitian adadua yaitu ;1) Meningkatkan motivasi, keaktifan dan kreatifitassiswa melalui pembelajaran dengan memadukan laboratorium riildan virtuil disertai penugasan siswa berbasis multimedia padapembelajaran getaran dan gelombang. 2) Meningkatkan prestasibelajar siswa melalui pembelajaran dengan memadukanlaboratorium riil dan virtuil disertai penugasan siswa berbasismultimedia pada pembelajaran getaran dan gelombang. Dariberbagai data dan analisa data dapat penulis simpulkan bahwamemadukan laboratorium riil dan virtuil disertai penugasan siswaberbasis multimedia pada pembelajaran getaran dan gelombangdapat menyenangkan siswa, menarik minat atau memotivasisiswa, menjadikan pelajaran mudah dipahami siswa, sangatmeningkatkan kreatifitas siswa, meningkatkan prestasi belajarsiswa.
MODEL PAKEM MELALUI PENDEKATAN TEMATIK UNTUK PEMBELAJARAN SAINS SD Saptaningrum, Ernawati; Kusdaryani, Wiwik
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 1, No 1/april (2010): JP2F
Publisher : Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian tahun pertama ini telah dihasilkan perangkatpembelajaran tematik sains SD dengan model Pakem yang terdiridari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, naskah materisains SD dengan pendekatan tematik, dan alat evaluasipembelajaran sains. Kegiatan penelitian di tahun pertama ini diawali dengan melakukan analisis kurikulum SD dan analisiskebutuhan siswa sesuai dengan aspek perkembangan anak SD,dilanjutkan dengan identifikasi materi yang berhubungan dengansains yang sesuai kurikulum dan mendeskripsikan fasilitaspendukung pembelajaran sains yang diperlukan, langkah ketigadilakukan pengembangan materi sains SD dengan PAKEM melaluipendekatan tematik, langkah ke empat pengembangan strategipembelajaran di sini dirancang kegiatan inkuiri dengan PAKEMmelalui pendekatn Tematik Sains SD, dan langkah ke lima yaitupengembangan alat evaluasi yang berupa penilaian kognitif,afektif dan psikomotorik.

Page 1 of 29 | Total Record : 287