Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 12, No 2 (2021): SEPTEMBER 2021

Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Dedi Ariyansah (Universitas PGRI Palembang)
Lukman Hakim (Unknown)
Rita Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring diperlukan bahan ajar elektronik yang dapat menunjang jalanya proses pembelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah bahan ajar berupa e-LKPD berbasis discovery learning praktikum fisika pada materi gerak harmonik sederhana untuk meningkakan pemahaman konsep berbantuan aplikasi phyphox yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Recearch and Development) dengan model pengembangan model ADDIE yakni Analisys, Design, Development, Implimentation, dan Evaluation. Hasil data analisis mennunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan mendapat persentase validitas sebesar 87,6% dengan kategori valid, hasil kepraktisan rata-rata 78,8% dan hasil keefektifan mendapatkan hasil rata-rata skor N-Gain 0,71 ­dengan kategori tinggi. Dengan demikian berdasarkan e-LKPD  yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajarn fisika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...