Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA BARBERSHOP DI KOTA PALU

I Ketut Agus Wartama (Unknown)
Harifuddin Thahir (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Barbershop adalah tempat pengguntingan rambut yang diperuntukan khusus kaum pria. Peluang usaha barbershop di Kota Palu sangatlah baik, sehingga menuntut para pengelola barbershop harus lebih kreatif menampilkan konsep lingkungan fisik (servicescape) yang menarik dan memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan benar-benar merasa puas terhadap pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap kepuasan pelanggan menggunakan jasa barbershop di Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kausal. Sampel berjumlah 80 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa servicescape yang terdiri dari ambient conditions (kondisi lingkungan), spatial layout and functionality (tata letak spasial dan fungsi), sign, symbol and artifacts (tanda, simbol dan artefak) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan  pelanggan menggunakan jasa barbershop  di Kota Palu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jimut

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan ...