Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan

IMPLEMENTASI PROGRAM EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT DI SMA TUMBUH

Primasti, Shelma Ghusa (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan implementasi program Education for Sustainable Development (ESD serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMA Tumbuh.   Jenis penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Partisipan penelitian adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru permakultur, seni rupa, pendidikan pangan, Person in Charge (PIC) program magang dan mangrove planting, peserta didik SMA Tumbuh. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian: ESD di SMA Tumbuh terintegrasi dalam mata pelajaran dan kegiatan. Implementasi program: komunikasi melalui sosialisasi terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, sumber daya manusia telah kompeten, perlu sumber daya manusia yang sesuai bidang keilmuan untuk permakultur, sumber daya anggaran dan fasilitas tersedia dan memadai, untuk permakultur masih perlu dipenuhi, disposisi program mendapatkan respon positif seluruh warga sekolah, struktur birokrasi melekat pada struktur organisasi sekolah. Faktor pendukung: dukungan berbagai pihak, koordinasi dan kolaborasi yang baik, sumber daya anggaran dan fasilitas, sekolah lebih menghargai peserta didik. Faktor penghambat: kondisi pandemi, sumber daya manusia untuk ESD lingkungan hidup belum sesuai bidang keilmuan, fasilitas mapel permakultur belum lengkap, hambatan cuaca, supervisor program magang belum secara penuh mengawasi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sakp

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the ...