Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021

E-Commerce Solusi Pemasaran UMKM Dalam Mengembangkan Industri Pariwisata Di Tengah Pademi Covid-19 (Studi Kasus UMKM di Kota Tasikmalaya)

Yani Sri Mulyani (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Abstrak E-commerce merupakan solusi bagi pelaku usaha mikro, kecil serta menengah dalam menjalankan bisnisnya di tengah pademi covid-19 karena UMKM merupakan sektor ekonomi kreatif yang terserang  dampaknya. Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui bahwa peranan  E-commerce sangatlah mendukung bagi kelangsungan hidup bisnis pelaku UMKM dan dalam mengembangkan industri pariwisata di Tasikmalaya .Populasi atau sample yang diambil sebanyak 10 UMKM yang ada di Tasikmalaya yang tersebar di Kota dan Kabupaten  Tasikmalaya dengan beragam jenis usaha bisnisnya. Metode yang dipakai adalah kualitatif deskritif dimana peneliti  mewawancarai pemilik UMKM melalui media sosial dikarenakan maasih pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat  (PPKM) sehingga tidak memungkinkan untuk mewawancarai pemilik UMKM secara langsung. metode penelitian ini dihitung berapa presentase penjualan yang didapat pelaku UMKM. Hasil dari penelitian selama bulan Mei  sampai dengan bulan Oktober 2020 bahwa presentasi dapat dilihat meningkat dibulan Juni 11,3 % sd 21,2% ,rata-rata menurun  di bulan Juli sd Agustus 9,5 % s.d  15,6% dari bulan September ke Oktober  dan rata-rata naiknya diangka 15 % sd 42,5%.Hal ini menunjukan bahwa E-commerce  menjadi solusi bagi pelaku UMKM ditengah masa pademi covid-19 dan merupakan upaya untuk mengembangkan industri pariwisata  . Hal itu dapat  mengurangi budget pemasaran yang mana kemudahan dan kecanggihan tekhnologi  dalam menyampaikan informasi  tentang barang dan jasa yang langsung dialamatkan  ke tangan konsumen.Sehingga komsumen atau pembeli tinggal memesan dari rumah dan barang langsung diantar ke rumah sesuai pesanan. Kata kunci:  E-commerce, UMKM,  Pademi Covid 19, industri pariwisata Abstract E-commerce is a solution for micro, small and medium businesses in running their business in the midst of the COVID-19 pandemic because MSMEs are one of the creative economic sectors that have been affected. The purpose of this study is to find out that the role of E-commerce is very supportive for the survival of MSME business actors and in developing the tourism industry in Tasikmalaya. The population or sample taken is 10 MSMEs in Tasikmalaya which are spread in the City and District of Tasikmalaya with various types of businesses. his business. The method used is descriptive qualitative where researchers interview MSME owners through social media because there are still restrictions on community activities (PPKM) so it is not possible to interview MSME owners directly. This research method calculates the percentage of sales obtained by MSME actors. The results of the research during May to October 2020 that the presentation can be seen increasing in June 11.3% to 21.2%, the average decreased in July to August 9.5% to 15.6% from September to October and the average increase was 15% to 42.5%. This shows that E-commerce is a solution for MSME players in the midst of the COVID-19 pandemic and is an effort to develop the tourism industry. This can reduce the marketing budget where the ease and sophistication of technology in conveying information about goods and services are directly addressed to consumers. Keywords: E-commerce,UMKM, Covid 19 pandemic, tourism industry. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

khasanah

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang ...