Penelitian ini bertujuan untuk Langkah langkah dalam membangun bisnis, kuliner sebagai pemula. Kedapannya penelitian ini sebagai role model atau panduan untuk membangun bisnis kuliner yang ada di Indonesia, sehngga perusahaan dapat dijalankan dengan profesional. Sehingga akan muncul lebih anyak lagi pelaku Binis Kuliner di Indonesia, bahkan bisa menggembangkan usahanya sehingga go internasional. Metode Penelitian yang digunakan Metode Kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian difokuskan untuk memperoleh data yang mendalam, mengandung makna dan detail. Informan penelitian sebanyak 5 orang yaitu: 3 pemilik bisnsi kuliner dan 2 Karyawan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan perusahaan sejenis dan pakar Bisnis Kuliner. Hasil analisis menunjukkan bahwa minimal ada 10 langkah dalam membangun bisnis kuliner diantaranya 1. Melihat potensi pasar, 2. Melakukan Benchmarking, 3. Memilih model bisnis dan produk, 4. Membentuk tim dan organisasi, 5. Menyusun Business Plan, 6. Mendapatkan model bisnis, 7. Menyusun rencana pemasaran, 8. Menyusun rencana operasional, 9. Eksekusi lapangan, 10. Evaluasi dan improvement.
Copyrights © 2021