Indonesian Gender and Society Journal
Vol 2, No 2 (2021)

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung

Tarigan, Helvita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach) yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja melalui penerapan model problem based learning (PBL) dengan teknik pengamatan objek langsung. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa XII MIPA 4 SMA Negeri 2 Singaraja, sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung dapat meningkatkan keterampilan menulis teka berita. Peningkatan skor rata-rata keterampilan menulis berita adalah sebesar 9,7, yaitu dari rata-rata 68,6 menjadi 78,3. Jadi, pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena secara keseluruhan siswa tuntas. Siswa juga memberikan respons yang sangat positif dalam mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui penerapan model problem based learning (PBL) dibantu teknik pengamatan objek langsung yakni dengan skor 55,2.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IGSJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Indonesian Gender & Society Journal, the official journal of Sociologists for Women in Society. Articles analyze gender and gendered processes in interactions, organizations, societies, and global and transnational spaces. The journal publishes empirical articles, along with reviews of ...