Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan
Vol 2 No 2 (2021): JIPKES Edisi Juli 2021

Evaluasi Kelompok Referensi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Foresthree Coffee

Supriatna Supriatna (Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan)
Mumuh Mulyana (Unknown)
Wulandari Dwi Utari (Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, Industri food and beverage di Indonesia turut mengalami perubahan ke arah yang lebih modern. Bahkan saat ini food and beverage berkembang menjadi industri yang memiliki banyak peminat khususnya di industry coffee. Bisnis food and beverage ini nyatanya menguntungkan bagi banyak pihak sehingga memiliki pengaruh terhadap ekonomi kreatif Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apakah Grup Referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 2. Untuk mengetahui atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 3. Untuk mengetahui Grup Referensi dan atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan 1) Foresthree coffee memiliki banyak keuntungan dari jejaring grup referensi yang terbentuk secara alami dan memberikan dampak yang baik terhadap loyalitas serta berpengaru terhadap keputusan pembelian. 2) Keuntungan dari Grup Referensi yang dilakukan oleh konsumen loyal adalah sebagai bentuk promosi terhadap konsumen baru yang otomatis meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan maupun produk yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan angka penjualan dan sebagai bukti kualitas perusahaan. 3) Dampak yang ditimbulkan adalah kepercayaan pasar terhadap perusahaan maupun produk yang dikeluarkan semakin meningkat dan meningkatnya jumlah konsumen yang mengenal produk dari Foresthree coffee. Kata kunci: grup referensi, foresthree coffee

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipkes

Publisher

Subject

Description

Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Pariwisata dan Hospitality. Dikelola oleh Program Studi Pariwisata dan LPPM IBI Kesatuan. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil ...