cover
Contact Name
Bambang Hengky Rainanto
Contact Email
redaksi.jipkes@gmail.com
Phone
+6285777231129
Journal Mail Official
redaksi.jipkes@gmail.com
Editorial Address
LPPM IBI Kesatuan Jalan Ranggagading No. 1 Bogor 16123 Telp. 0251 8337733
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan
ISSN : 27457524     EISSN : 27457524     DOI : https://doi.org/10.37641/jipkes
Core Subject :
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Pariwisata dan Hospitality. Dikelola oleh Program Studi Pariwisata dan LPPM IBI Kesatuan. Terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang Pariwisata dan Hospitality dalam arti luas.
Arjuna Subject : -
Articles 56 Documents
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor Raynaldo Donovan S.; Adil Fadillah
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 1 No 1 (2020): JIPKES Edisi Juli 2020
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v1i1.322

Abstract

Untuk dapat meningkatkan kepuasaan Pelanggan,perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang tepat agar dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan nya. Kualitas pelayanan,Strategi Lokasi,dan Harga dapat menjadi faktor bagi perusahaan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan Pada Hotel 101 di Suryakencana kota bogor,(2) untuk mengetahui pengaruh Strategi Lokasi terhadap kepuasaan pelanggan Pada Hotel 101 di Suryakencana kota bogor,(3) untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap kepuasaan pelanggan pada hotel 101 di Suryakencana kota bogor,dan (4) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,Strategi Lokasi,dan Harga secara bersama-sama terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dari seluruh pengunjung di Hotel 101 Suryakencana kota Bogor.Data penelitian ini diolah menggunakan SPSS 2018. Hasil dari penelitian sebagai berikut : (1) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor dengan nilai signifikan 0,004,(2) Strategi Lokasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor dengan nilai signifikan 0,003,(3) Harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan Hotel 101 di Suryakencana kota bogor dengan nilai signifikan 0,000,(4) Kualitas pelayanan,Strategi Lokasi dan Harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan dengan nilai signifikan 0,000.(5) persamaan Regresi Y=3,330+0,158X1+0,147X2+0,231X3 KataKunci:Kualitas pelayanan,StrategiLokasi,Harga,dan Kepuasaan Pelanggan
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth Fahmy Wijaya; Sujana Sujana
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 1 No 1 (2020): JIPKES Edisi Juli 2020
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v1i1.323

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap Word of Mouth pada The Jungle Waterpark. Penelitian ini dilakukan pada pengunjung The Jungle dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden, teknik sampling menggunakan rumus slovin. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dan menggunakan metode analisis structural (SEM) dengan menggunakan Software AMOS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Variabel Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan The Jungle Waterpark (2) Persepsi Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan The Jungle Waterpark. (3) Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Word of Mouth Kata Kunci : kualitas layanan, persepsi harga, kepuasan pelanggan, wom
Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Periklanan dalam meningkatkan Loyalitas Pelanggan Jungle Water Park Bogor Naufal Nur Hilmi; Mumuh Mulyana
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 1 No 1 (2020): JIPKES Edisi Juli 2020
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v1i1.324

Abstract

Sektor pariwisata tidak jauh beda dengan sektor ekonomi dalam perkembangannya sektor pariwisata juga mempunyai dampak dan pengaruh di bidang sosial ekonomi dan fisik kawasan, pengaruh yang muncul mempunyai dampak positif maupun dampak negatif terhadap kehidupan masyarakat setempat maka dari itu adanya Lokasi ini Karena lokasi bisnis dapat dikatakan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan bisnis dimasa yang akan datang. Maka penentuannya sangat ditentukan oleh aspek lingkungan sekitar yang akan dijadikan tempat berbisnis , Kualitas pelayanan merupakan salah satu cara yang cukup baik untuk membentuk loyalitas pelanggan. Untuk mengetahui kualitas pelayanan yang baik serta membentuk manajemen kualitas yang efektif dan perlu mengetahui detail dan aktivitas yang berhubungan langsung dengan pelayanan yang diberikan atau umpan balik (feedback) dari pelanggan. Ketika pelanggan merasa kualitas pelayanan yang diberikan suatu perusahaan adalah baik, maka mereka akan menggunakan kembali ke perusahaan tersebut dan Periklanan adanya Strategi pada periklanan ini sering digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Lokasi berpengaruh negatif secara tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini ditunjukan dengan bahwa nilai t hitung -,1,185 lebih kecil dari 1,96 maka hipotesis satu ditolak. Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dapat diterima. Hal ini ditunjukan dengan bahwa nilai t hitung 2,208 lebih besar dari 1,96 maka hipotesis 2 diterima berdasarkan penelitian ini. Periklanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dapat diterima. Hal ini ditunjukan dengan bahwa t hitung 2,561 lebih besar dari 1,96 maka hipotesis 3 diterima berdasarkan penelitian ini. Periklanan menjadi faktor terkuat terhadap Loyalitas Pelanggan. Maka periklanan menjadi fakor determinan yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan. Kata Kunci: Lokasi, Kualitas Pelayanan, Periklanan dan Loyalitas Pelanggan
Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen The Highland Park Resort Hotel Bogor Tjong Su Ling; Anton Widio Pratomo
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 1 No 1 (2020): JIPKES Edisi Juli 2020
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v1i1.325

Abstract

Competition is now increasingly fierce, making the company put orientation on customer satisfaction and satisfaction as the main goal. With more and more companies offering the same products and services to consumers, more and more alternatives are owned by consumers, so companies always try to meet the satisfaction of their customers. A good company image will make prospective customers more confident with the goods or services they will choose. The image will eventually become good, when consumers have enough memorable experience. WOM is a promotional activity that the level of control by marketers is very low but has an extraordinary impact on the company's products or services. WOM is able to spread so quickly if the individuals who spread it also have a wide network, news that is spread can be positive and negative news depending on what they feel when they enjoy the products or services offered. The purpose of this study is To find out and analyze the influence of Brand Image on Purchasing Decisions, To find out and analyze the effect of Price Perception on Purchasing Decisions, To find out and analyze the influence of Word of Mouth on Purchasing Decisions and To find out and analyze the effect of Brand Image, Price Perception, and Word of Mouth together on Purchasing Decisions. The number of respondents in this study amounted to 100 respondents taken from guests who have stayed at The Highland Park Resort Hotel Bogor. Research data were processed using SPSS. The results of this study are as follows: Brand Image has a positive and significant effect on purchasing decisions at The Highland Park Resort Hotel Bogor with a regression coefficient of 0.370 and a significant value of 0.017. Price perception has a positive and significant effect on Purchasing Decisions at The Highland Park Resort Hotel Bogor with a regression coefficient value of 0.312 and has a significant value of 0.001. Word of Mouth has a positive and significant effect on Purchasing Decisions at The Highland Park Resort Hotel Bogor with a regression coefficient of 0.576 and a significant value of 0,000. Brand Image, Price Perception, and Word of Mouth have a positive and significant effect on Purchasing Decisions at The Highland Park Resort Hotel Bogor with a calculated F value of 48.507 and greater than the F table of 2.70 and a significance value of 0,000 . Keywords: brand image, perceived price, WOM, Purchasing Decision
Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park Mikdam Luthfi Aziz; Sulistiono Sulistiono
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 1 No 1 (2020): JIPKES Edisi Juli 2020
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v1i1.326

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen secara langsung dan secara tidak langsung. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa STIE Kesatuan yang pernah berkunjung ke The Jungleland Adventure Theme Park Bogor. Sampel ditentukan dengan metode purporsive sampling. Penelitian dilaksanakan pad Januari sampai dengan April 2019. Data dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan variable sikap konsumen, peirklanan, brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli (berkunjung) konsumen ke The Jungleland Adventure Themepark. Kata Kunci: sikap konsumen, periklanan, brand image, minat beli konsumen
Penggunaan Media Periklanan Pada The Jungle Waterpark Irma Damayanti Ulfah; Mumuh Mulyana; Asti Pratiwi
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.509

Abstract

Penelitian ini dilakukan The Jungle Waterpark. The Jungle Waterpark merupakan The jungle Waterpark Bogor merupakan wahana air yang berada dikawasan perumahan Bogor Nirwana Residance yang dikelola oleh manajemen PT. Graha Andasentra Propertindo Tbk. yang merupakan salah satu unit usaha Pt. Bakrieland Development Tbk. Berada dilokasi pegunungan dengan latar belakang Gunung Salak, Pemandangan Indah dan sejuk serta dibangun dengan konsep 60% area hijau. The Jungle Waterpark merupakan wahana air yang mengusung konsep tema belajar dan bermain yang berbasis panorama alam Indonesia Tujuan dari hasil penelitian ini untuk mengetahui 1). Media apa saja yang digunakan The Jungle Waterpark dalam mengiklankan produk dan jasanya 2). Hambatan dalam penggunan media iklan pada The Jungle Waterpark 3). Cara mengatasi hambatan dalam penggunaan media iklan pada The Jungle Waterpark. Hasil pembahasan menunjukan bahwa Media yang di gunakan The Jungle Waterpark yang menggunakan 10 komponen media iklan yaitu radio, instagram/youtube/facebook/twitter, flyer, surat kabar, direct mail, billboard, umbul-umbul, LED, spanduk dan banner dan untuk hambatan lebih kepada budget, kreatifitas, teknologi dan gangguan dan untuk mengatasinya The Jungle Waterpark memilih media iklan yang tdak mengeluarkan budget besar, bekerjasama dengan pihak-pihak, pembatasan media, mencari ide kreatif dan menargetkan media untuk daerah yang minim dengan sinyal Kata Kunci : iklan, penggunaan media iklan, The Jungle Waterpark
Evaluasi Kelompok Referensi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Foresthree Coffee Supriatna Supriatna; Mumuh Mulyana; Wulandari Dwi Utari
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 2 (2021): JIPKES Edisi Juli 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i2.510

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, Industri food and beverage di Indonesia turut mengalami perubahan ke arah yang lebih modern. Bahkan saat ini food and beverage berkembang menjadi industri yang memiliki banyak peminat khususnya di industry coffee. Bisnis food and beverage ini nyatanya menguntungkan bagi banyak pihak sehingga memiliki pengaruh terhadap ekonomi kreatif Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apakah Grup Referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 2. Untuk mengetahui atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 3. Untuk mengetahui Grup Referensi dan atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan 1) Foresthree coffee memiliki banyak keuntungan dari jejaring grup referensi yang terbentuk secara alami dan memberikan dampak yang baik terhadap loyalitas serta berpengaru terhadap keputusan pembelian. 2) Keuntungan dari Grup Referensi yang dilakukan oleh konsumen loyal adalah sebagai bentuk promosi terhadap konsumen baru yang otomatis meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan maupun produk yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan angka penjualan dan sebagai bukti kualitas perusahaan. 3) Dampak yang ditimbulkan adalah kepercayaan pasar terhadap perusahaan maupun produk yang dikeluarkan semakin meningkat dan meningkatnya jumlah konsumen yang mengenal produk dari Foresthree coffee. Kata kunci: grup referensi, foresthree coffee
Pengaruh Service Excellence, Servicescape Dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Cimory Riverside Adiyoga Pradana Sakti; Sulistiono Sulistiono; Danti Astrini; Lauditta Stephanie
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.582

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Service Excellence, Servicescape dan Handling Complaint Terhadap Kepuasan Pelanggan pada pelayanan Restoran Cimory Riverside. Penelitian ini menggunakan variabel independen (Service Excellence, Servicescape dan Handling Complaint) dan variabel dependen (Kepuasan Pelanggan). Total responden dalam penelitian ini adalah 100 Responden diambil dari pengunjung Restoran Cimory Riverside sebagai pengunjung restoran Cimory Riverside menggunakan Non-probability Sampling dengan menggunakan Purposive Sampling yaitu teknik dalam pengambilan sampel dengan pertimbangan kriteria tertentu yang telah ditetapkan terlebih dahulu oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengambilan sampel berdasarkan rumus Roscoe. Data dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Dari hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Service Excellence dengan Kepuasan Pelanggan. (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Servicescape dengan Kepuasan Pelanggan. (3) terdapat hubungan positif dan namun tidak signifikan antara Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. Dan secara simultan, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Service Excellence dan Servicescape dengan Kepuasan Pelanggan. (5) terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara Service Excellence dan Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Servicescape dan Handling Complaint dengan Kepuasan Pelanggan. (7) Service Excellence, Servicescape, Handling Complaint secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Kata Kunci: Service Excellence, Servicescape, Handling Complaint dan Kepuasan Pelanggan
Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan dan Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Maskapai Penerbangan Annisa Budiansari; Sujana Sujana
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.583

Abstract

This study aims to determine : The effect of perception of service quality on customer satisfaction, The effect of customer value perception on customer satisfaction, and And the impact of customer satisfaction on customer loyalty. This study uses the independent variable (service quality perception, customer value perception), and the dependent variable (customer satisfaction and customer loyalty). The sample method used in this study is the roscoe method and the Analysis Tool used in this study is AMOS version 23. With the number of 200 respondents selected are people who have used Batik Air Indonesia's flight services in the city of Bogor. Based on the research, it can be concluded that there are three hypotheses that have positive and significant influence, namely: The first hypothesis is the perception of service quality and customer satisfaction has an influence and significant with the results of the t-test of 4.039 greater than t-table. The second hypothesis is the perception of customer value on customer satisfaction has an influence with a negative t-test that is equal to -1.529 smaller than t-table. The third hypothesis is customer satisfaction Customer loyalty has a positive and significant impact with the t-test result of 4.039 greater than t-table. Keywords: Perception, influence, impact, Service Quality, Customer Value, Customer Satisfaction, Customer Loyalty, Batik Air Indonesia.
Pengaruh Bukti Fisik, Reliabilitas, Assurance, Daya Tanggap Dan Empati Terhadap Loyalitas Pelanggan Emeralda Golf Melani Melani; Sujana Sujana; Gen Gen Gendalasari
Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan Vol 2 No 1 (2021): JIPKES Edisi Januari 2021
Publisher : Prodi Pariwisata dan LPPM Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37641/jipkes.v2i1.584

Abstract

nies. The many competitors in similar companies make each golf club compete to provide services and facilities that support the satisfaction of the golfer and encourage each golfer to be loyal to the products or services offered from each golf course. The purpose of this study is (1) To find the influence of Physical Evidence of the Customer Loyalty (2) To find out the influence of Reliability of the Customer Loyalty, (3) To find the influence of Assurance of the Customer Loyalty. (4) To find out the magnitude of the effect of Responsiveness of the Customer Loyalty. (5) To find out the influence of Empathy of the Customer Loyalty. (6) To find out the influence of Physical Evidence, Reliability, Assurance, Responsiveness and Empathy together of the Customer Loyalty. Keywords: Tangibles, Reliability, Assurance, Responsiveness, Empathy and Customer Loyalty.