BUNGAMPUTI
Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Bungamputi

PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK PKK KAVAYA KECAMATAN SINDUE KABUPATEN DONGGALA

Mursanib, Muraeni (Unknown)
Septianti, Vira (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2021

Abstract

Masalah utama dalam penelitan ini yaitu motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pemberian tugas terhadap motorik halus anak di kelompok B TK PKK Kavaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 15 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan teknik presentase. Hasil analisis sesudah perlakuan berupa metode pemberian tugas, aspek meniru bentuk dengan menggunakan plastisin terdapat 6 anak (40%) kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 5 anak (33,33%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak (13,33%) kategori Mulai Berkembang (MB), dan 2 anak (13,33%) kategori Belum Berkembang (BB). Aspek menggunting sesuai dengan pola terdapat 5 anak (33,33%) kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 4 anak (26,66%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 4 anak (26,66%) kategori Mulai Berkembang (MB), dan 2 anak (13,33%) kategori Belum Berkembang (MB). Dan aspek menempel gambar dengan tepat terdapat 6 anak (40%) kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 5 anak (33,33%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 2 anak (13,33%) kategori Mulai Berkembang (MB), serta 2 anak (13,33%) dalam kategori Belum Berkembang (BB). Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pemberian tugas terhadap motorik halus anak di kelompok B TK PKK Kavaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Kata Kunci: Metode pemberian Tugas, Motorik Halus, Anak Usia Dini

Copyrights © 2021