Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 9, No 02 (2021): Edisi September 2021

RANCANG BANGUN APLIKASI REKOMENDASI PENENTUAN TEMA TUGAS AKHIR BERBASIS MOBILE DENGAN MENERAPKAN METODE FUZZY SUGENO (Studi Kasus : Program Studi Rekayasa Sistem Komputer)

Habiburrahman Habiburrahman (Unknown)
Uray Ristian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Program Studi (Prodi) Rekayasa Sistem Komputer merupakan salah satu bagian dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura. Prodi Rekayasa Sistem Komputer membagi konsentrasi keilmuan menjadi 3 konsentrasi yaitu: konsentrasi jaringan, konsentrasi embedded, dan konsentrasi pemrograman mobile. Permasalahan yang terjadi pada mahasiswa/i prodi Rekayasa Sistem Komputer yang telah melakukan tugas akhir, waktu yang di butuhkan terhitung lama dikarenakan tidak sesuainya kompetensi nilai mata kuliah dan minat. Penelitian ini bertujuan membangun sistem yang dapat memberikan rekomendasi tema tugas akhir untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan tema tugas akhir berdasarkan data nilai mata kuliah setiap konsentrasi dan minat mahasiswa/i setiap konsentrasi. Perhitungan pada penelitian ini menggunakan perhitungan metode Fuzzy Sugeno. Pada Fuzzy Sugeno konsekuen sistem tidak berupa himpunan fuzzy melainkan berupa konstanta atau persamaan linier. Hasil penelitian ini berupa sistem rekomendasi penentuan tema tugas akhir berdasarkan perhitungan metode Fuzzy Sugeno. Hasil perhitungan rekomendasi berdasarkan dari data rata-rata nilai mata kuliah setiap konsentrasi dan minat mahasiswa/i  setiap konsentrasi, yang dipresentasikan dalam bentuk persentase dengan persentase maksimal 100% yang terdapat pada aplikasi Android. Dari 10 mahasiswa yang menggunakan aplikasi 2 diantaranya menghasilkan tema tugas akhir yang berbeda dari tema yang telah dipilih.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...