Business and Accounting Education Journal
Vol 1 No 3 (2020): Vol 1 No 3 (2020): Business and Accounting Education Journal

Analisis Pedagogical Content Knowledge Guru Akuntansi

Mudrikah, Saringatun (Unknown)
Astuti, Dwi Puji (Unknown)
Pitaloka, Lola Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat penguasaan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru akuntansi SMK di Kebumen dengan membandingkannya berdasarkan gender, sertifikasi profesi, jenjang pendidikan, latar belakang akademik, serta lama mengajar. Sampel penelitian seluruh guru Akuntansi SMK se Kabupaten Kebumen yang berjumlah 65 orang. Instrumen untuk pengumpulan data berupa kuesioner dengan teknik analisis data berupa analisis data deskriptif dan uji beda (one sample t-test) dengan menggunakan sofware SPSS v21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek yaitu: (1) gender, rata-rata penguasaan PCK bagi guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen baik, (2) sertifikasi guru yang diterima, rata-rata PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen memiliki perbedaan, khususnya pada aspek pengetahuan konteks, (3) jenjang pendidikannya, rata-rata penguasaan PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen baik, (4) latar belakang akademik, rata-rata penguasaan PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen adalah sama kecuali pada aspek pengetahuan kurikulum, (5) pengalaman mengajarnya, rata-rata penguasaan PCK guru Akuntansi SMK di Kabupaten Kebumen adalah sama.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

baej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

BAEJ- Business and Accounting Education Journal adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan atau kajian pustaka dalam bidang ilmu Bisnis, kewirausahaan, administrasi perkantoran, Pendidikan Administrasi Perkantoran dan pendidikan akuntansi maupun bidang ilmu akuntansi dengan fokus dan ruang ...