cover
Contact Name
Ahmad Saeroji
Contact Email
saeroji@mail.unnes.ac.id
Phone
+6281391501189
Journal Mail Official
baejpeunnes@gmail.com
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi Gedung L lantai 1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Business and Accounting Education Journal
ISSN : 27234487     EISSN : 27234495     DOI : -
BAEJ- Business and Accounting Education Journal adalah jurnal ilmiah dari hasil penelitian dan atau kajian pustaka dalam bidang ilmu Bisnis, kewirausahaan, administrasi perkantoran, Pendidikan Administrasi Perkantoran dan pendidikan akuntansi maupun bidang ilmu akuntansi dengan fokus dan ruang lingkup pembahasan tentang : Bisnis dan Kewirausahaan Manajemen Perkantoran Otomatisasi Perkantoran Pendidikan Administrasi Perkantoran Akuntansi Pendidikan Akuntansi
Articles 40 Documents
KINERJA SEKOLAH DIPREDIKSI DARI BIAYA PENDIDIKAN, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PERAN KOMITE SEKOLAH, DAN IKLIM SEKOLAH Amaliah, Afifah Nur; Kardoyo, Kardoyo; Santoso, Jarot Tri Bowo
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.458 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38884

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung biaya pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, peran komite sekolah, dan iklim sekolah secara parsial terhadap mutu lulusan, dan pengaruh tidak langsung melalui mutu proses. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex-post facto dengan sampel 28 SMA Negeri yang dipilih menggunakan menggunakan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial biaya pendidikan, iklim sekolah, peran komite sekolah, dan mutu proses berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu lulusan. (2) Kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap mutu lulusan. (3) Biaya pendidikan dan iklim sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap mutu proses. (4) Mutu proses dapat memediasi biaya pendidikan dan iklim sekolah terhadap mutu lulusan secara parsial, dan tidak dapat memediasi kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap mutu lulusan. Kesimpulan dalam penelitian menunjukan bahwa mutu proses hanya berperan sebagai mediator pada biaya pendidikan dan iklim sekolah.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BIAYA PENDIDIKAN, KOMITE SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA SEKOLAH Jannah, Arum Roudlotul; Kardoyo, Kardoyo
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.71 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38921

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, biaya pendidikan, peran komite sekolah, budaya sekolah terhadap kinerja SMA Negeri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain menggunakan ex post facto. Jumlah populasi 44 sekolah SMA Negeri, jumlah sampel 30 sekolah SMA Negeri, menggunakan teknik area sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, biaya pendidikan, komite sekolah, budaya sekolah terhadap mutu proses; terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, budaya sekolah, mutu proses terhadap mutu lulusan, tidak terdapat pengaruh siginifikan biaya pendidikan dan komite sekolah terhadap mutu lulusan; kepemimpinan kepala sekolah, biaya pendidikan, komite sekolah dan budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap mutu lulusan melalui mutu proses. Saran yang dapat diberikan adalah untuk meningkatkan mutu proses dan mutu lulusan, sekolah diharapkan dapat memperhatikan peran kepala sekolah, komite sekolah, budaya sekolah dan biaya pendidikan.
PENGARUH PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT INVESTASI MAHASISWA DI PASAR MODAL DENGAN PENGETAHUAN INVESTASI DAN MANFAAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING Aditama, Raka Rizky; Nurkhin, Ahmad
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.156 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38922

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa yang dimediasi oleh pengetahuan investasi dan manfaat investasi. Populasi penelitian sebanyak 858 diambil dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportional random sampling sebanyak 273 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi, (2) pengetahuan investasi berpengaruh terhadap minat investasi, (3) manfaat investasi berpengaruh terhadap minat investasi, (4) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap pengetahuan investasi, (5) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap manfaat investasi, (6) pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi melalui pengetahuan dan manfaat investasi. Simpulan penelitian adalah pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa. Pengetahuan investasi dan manfaat investasi mampu memediasi pengaruh pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa hendaknya lebih mempelajari cara berinvestasi yang tepat agar nantinya mendapatkan penghasilan tambahan dari investasi. Mahasiswa hendaknya lebih mengoptimalkan sarana yang dimiliki fakultas berupa Galeri Investasi sebagai sumber belajar dan wawasan mengenai investasi.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, DAN TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA PERANGKAT DESA Widyarningsih, Esti; Oktarina, Nina; Saeroji, Ahmad
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.041 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38923

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, pemanfaatan teknologi informasi, dan tata ruang kantor terhadap kinerja perangkat desa Se-Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah perangkat desa Se-Kecamatan Suradadi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif persentase, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS For Windows 21. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan KI= 3,068 + 0,270GP + 0,255PTI + 0,404TRK + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, pemanfaatan teknologi informasi, dan tata ruang kantor secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perangkat desa Se-Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.
PENGARUH FASILITAS KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN Fandanu, Fian; Oktarina, Nina
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.24 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38924

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengaruh fasilitas kerja, lingkungan kerja, dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan admisnistrasi kependudukan di kantor kecamatan Gunungpati Ada empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu Fasilitas Kerja (X1), Lingkungan Kerja (X2) dan Kompetensi Pegawai (X3) dan Pelayanan (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan menggunakan SPSS 16 diperolehY= 3,086 + 0,505X1 + 0,416X2 + 0,322X3 + e. Hasil uji simultan diperolehFhitung sebesar 46,857 dengan signifikan 0,00<0,05. Ini membuktikan ada pengaruh secara bersama-sama antara fasilitas kerja, lingkungan kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan Administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI Aprinthasari, Mutiara Nabila; Widiyanto, Widiyanto
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.665 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38925

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015. Penelitian kuantitatif deskriptif ini berpopulasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015 yang berjumlah 904 mahasiswa dan pengambilan sampling menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 251 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan kuesioner dan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan: (1) literasi keuangan dan lingkungan sosial ecara simultan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan sebesar 38,4%, (2) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan sebesar 28,9%, (3) lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan sebesar 29,2%. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh literasi keuangan dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2015.
PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UKM Zuliasanti, Kiki; Rusdarti, Rusdarti; Sakitri, Wijang
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.743 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran secara bersama-sama dan parsial. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.938 UKM Mebel di Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 UKM. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Pengaruh simultan sebesar 73% sedangkan pengaruh secara parsial orientasi pasar sebesar 30,80%, orientasi kewirausahaan sebesar 18,31%, dan inovasi produk sebesar 8,76%. Simpulan penelitian bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk mempengaruhi kinerja pemasaran.
PENGARUH PERSEPSI, EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU Amalia, Nisrina Nur; Pramusinto, Hengky
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.916 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran 2015 Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan administrasi perkantoran 2015 berjumlah 106 orang dan semua dijadikan responden. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel persepsi, efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat menjadi guru sebesar 35%. Variabel dengan pengaruh terbesar adalah lingkungan keluarga dengan pengaruh sebesar 6,5%, sedangkan variabel persepsi sebesar 5,66%, dan efikasi diri sebesar 3,7%.
ANALISIS PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAN PENINGKATAN KUALITAS INFRASTRUKTUR EKONOMI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN Zulekha, Siti; Muhsin, Muhsin
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.56 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38940

Abstract

Pembangunan dan peningkatan kualitas infrastruktur ekonomi sosial di Kabupaten Batang dilakukan sebagai salah satu upaya mewujudkan kualitas bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan dan pencapaian pembangunan infrastruktur di Kabupaten Batang dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Proses perencanaan pembangunan dan peningkatan kualitas infrastruktur ekonomi sosial untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Batang menjadi tugas dan kewenangan dari Bappelitbang Kabupaten Batang melalui empat proses yaitu penyusunan rancangan awal, pelaksanaan Musrenbang, perumusan rancangan akhir; dan penetapan rencana. (2) Hasil pembangunan dan peningkatan kualitas infrastruktur ekonomi sosial di Kabupaten Batang pada tahun 2018 adalah sebesar 75,77% atau pencapaiannya cukup berhasil/cukup baik. Capaian pada indikator pendidikan jenjang PAUD mengalami peningkatan dari tahun 2012 sampai 2016 sehingga dapat dikategorikan baik. Pada jenjang sekolah dasar 9 tahun mengalami fluktuasi pada tiap indikator. Pada indikator angka kelulusan untuk SD/MI perlu ditingkatkan kembali. Capaian pada jenjang SMA/SMK pada tiap indikator mengalami fluktuasi, sementara angka kelulusan pada jenjang SMA/SMK/MA ini perlu untuk tingkatkan kembali.
PENGARUH PENGAWASAN, MOTIVASI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DISTANBUN Srigati, Srigati; Ismiyati, Ismiyati
Business and Accounting Education Journal Vol 1 No 1 (2020): Business and Accounting Education Journal
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.221 KB) | DOI: 10.15294/baej.v1i1.38942

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan, motivasi, dan kompetensi terhadap kinerja pegawai di Distanbun secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian adalah seluruh pegawai Dinas Pertanian dan Perkebunan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teori Slovin dengan jumlah sampel 136 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan bantuan progam IBM SPSS 21.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda diperoleh persamaan: KP= 52,076+0,181P+0,115M+0,139K+e menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pengawasan, motivasi, dan kompetensi pegawai terhadap kinerja pegawai di Distanbun baik secara simultan maupun secara parsial. Adapun secara simultan yang dibuktikan dengan uji F diperoleh F hitung sebesar 26,955% dan secara parsial yang dibuktikan dengan uji t diperoleh t hitung sebesar 3,021, untuk variabel pengawasan (X1), 2,527, untuk variabel motivasi (X2), dan 2,457 untuk variabel kompetensi (X3). Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh 1) pengawasan terhadap kinerja pegawai, 2) motivasi terhadap kinerja pegawai, 3) kompetensi pegawai terhadap kinerja pegawai di Distanbun.

Page 1 of 4 | Total Record : 40