Dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita anak, dibutuhkan teknik yang tepat. Satu di antaranya adalah teknik brainwriting. Teknik ini merupakan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran menulis cerita anak. Teknik brainwriting bertujuan mencurahkan gagasan tentang suatu pokok permasalahan yang dilakukan secara tertulis. Sesuai dengan fungsinya, teknik brainwriting dapat memotivasi seseorang untuk memunculkan banyak ide dalam menulis cerita anak. Berdasarkan hasil observasi awal, didapati bahwa para guru di TK Al Biruni dan TK Khoiru Wa Abqo kesulitan dalam meningkatkan keterampilan menulis. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pelatihan-pelatihan menulis, seperti brainwriting yang mengandalkan kreativitas guru. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik brainwriting dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan para guru TK dalam menulis cerita anak sangat penting dilatih. Penerapan teknik brainwriting dilakukan agar para guru dapat menulis buku cerita sendiri yang disesuaikan dengan bahan ajar dan mempunyai nilai edukatif untuk peserta didik TK.
Copyrights © 2020