cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 259 Documents
PEMBUATAN WASTAFEL PORTABEL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HIGIENITAS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MASA COVID-19 DI KECAMATAN BAYEUN ACEH TIMUR Hasby Hasby; Teuku Hadi Wibowo Atmaja
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wabah Covid-19 setiap hari semakin meningkat dan jumlah pasien semakin bertambah setiap harinya.  Langkah preventif yang harus segera dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 adalah dengan menyediakan sarana cuci tangan. Penyediaan sarana cuci tangan yang memadai saat kondisi New Normal di masa pendemi Covid-19 sangat membantu untuk mencegah penyebaran Covid-19 terutama dilingkungan sekolah dasar (SD). Beberapa sekolah dasar (SD) di Kecamatan Bayeun Aceh Timur masih minim ketersediaan sarana untuk mencuci tangan.  Sebagai langkah preventif dari Tim Pengabian kepada Masyarakat (PKM) Universitas Samudra bertujuan ikut membantu upaya mencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan membuat wastafel portable. Hal ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang dihadapi mitra.  Permasalahan tersebut diantaranya,  belum tersedianya fasilitas untuk mencuci tangan terkait pencegahan penyebaran virus covid-19 di masa New Normal dan belum adanya edukasi tentang pentingnya mematuhi aturan yang ada dalam pencegahan penyebaran virus covid-19. Justifikasi Solusi Atas Permasalahan Mitra adalah Tim pengabdian akan memberikan bimbingan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya pendidik dan peserta didik sekolah dasar (SD) di Aceh Timur untuk meningkatkan higienitas sebagai upaya mencegah penyebaran Virus Covid-19. Metode kegiatan pengabdian ini terdiri dari, (1) sosialisasi; (2) persiapan; (3) pelatihan; (4) monitoring; (5) evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi dengan pengisian angket didapatkan hasil rata-rata yang sangat tinggi baik dari aspek kognasi maupun aspek afeksi. Hasil yang diperoleh adalah publikasi ilmiah pada jurnal berISSN dan publikasi pada media masa cetak serta sarana cuci tangan daat dimanfaatkan dengan baik di lingkungan sekolah dasar di kecamatan Bayeun Aceh Timur.
Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga melalui Pelatihan (3M) Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Anik Pujiati; Retari Andalas
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2145

Abstract

Seorang ibu merupakan sosok multitalenta yang mempunyai pengaruh yang luar biasa besarnya dalam keluarga. Seorang ibu bisa mendidik generasinya menjadi manusia hebat jika sang ibu senantiasa belajar. Begitu besarnya peran seorang ibu maka pada pengabdian masyarakat ini para ibu yang akan menjadi mitranya. Jika para ibu diberi edukasi maka akan memberi dampak yang sangat besar bagi keluarga. Pada kegiatan abdimas ini para ibu akan diberi pelatihan (3M) yaitu pelatihan dalam mengelola sampah, memanfaatkan lahan sempit dan membuat posdaya. Dengan pelatihan ini diharapkan para ibu bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Hasil akhirnya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberi kontribusi bagi para ibu untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.Kata kunci : pengelolaan sampah berbasis masyarakat, teknik decoupage, pemanfaatan lahan sempit, pos daya
Akuntansi Sederhana untuk Usaha Mikro Karang Taruna Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok Desy Septariani; Anita Ria; Lindiawatie Lindiawatie
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2355

Abstract

Para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Tugu Kecamatan Cimanggis Depok tergolong para pemuda aktif yang beberapa diantaranya berinisiatif berwirausaha skala mikro. Semangat para pemuda  berwirausaha ditindaklanjuti oleh tim abdimas Unindra dengan membantu mereka mengatasi beberapa persoalan yang umumnya dialami  oleh usaha mikro khususnya di bidang akuntansi. Oleh sebab itulah pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan membantu usaha mikro dalam pencatatan keuangan yang rapi dan benar melalui penyampaian ilmu dasar-dasar akuntansi. Metode yang dipilih dengan cara memberikan penyuluhan dan pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini  adalah panduan praktis dan sederhana berupa pedoman bagi usaha mikro dalam membuat laporan keuangan yang terangkum dalam bentuk materi abdimas.Kata kunci : Usaha Mikro, Akuntansi
Penggunaan Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama Andri Rahadyan; Purni Munah Hartuti; Aulia Ar Rakhman Awaludin
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2356

Abstract

Diperoleh data bahwa penggunaan komputer dalam pembelajaran mayoritas baru sebatas penggunaan powerpoint. Guru-guru matematika masih menghadapi kesulitan dalam pembuatan media pembelajaran dan bahan ajar. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan aplikasi GeoGebra kepada guru-guru matematika untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman guru tentang peranan media pembelajaran matematika dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru tentang media pembelajaran virtual (mathlet) yang baik dan eksploratif. Metode yang akan dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui beberapa tahap, yaitu observasi langsung, wawancara, presentasi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah guru dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai dengan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan, guru lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan proses pembelajaran, guru memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang media pembelajaran virtual, guru dapat menggunakan aplikasi GeoGebra untuk membuat media pembelajaran virtual, guru dapat membuat media visual, bahan ajar, dan instrumen penilaian yang berkaitan dengan materi aljabar dan geometri.Kata Kunci: GeoGebra, matematika, konstruktivisme, mathlet
Membuat Bahan Ajar dengan Teknik Transfer Laser Print bagi Guru-guru Masayu Endang Apriyanti; Agung Zainal Muttakin Raden; Yayah Rukiah
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2357

Abstract

Pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah salah satu kewajiban dari tridarma dosen. Kegiatan ini akan dilakukan di Sekolah Raudhatul Athfal Salman dan Paud Rumah 71 yang berlokasi di Pisangan Ciputat Jakarta Selatan. Melalui observasi dan pengamatan yang kami lakukan, Sekolah RA. Salman membutuh sesuatu yang baru atau inovasi dalam hal pengajaran kepada murid-murid. Sesuatu yang dilakukan dengan belajar dan bermain, dan dapat membuat murid-murid senang. Berdasarkan hal tersebut tim kami berinisiatif untuk membuat pelatihan mengenai membuat suatu karya sederhana dengan menggunakan teknik transfer laser print dan lem. Dengan menggunakan teknik ini para guru dapat mentransfer kembali kepada murid-murid bagaimana caranya dan dapat membuat bahan ajar sendiri seperti membuat puzzle, mengenal huruf dan angka, mengenal buah- buahan dengan dua bahasa. Hal ini dilakukan untuk menstimulus para guru agar bisa lebih kreatif dan dapat menjadi peluang usaha. Kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi para guru serta dapat dipraktikkan langsung kepada murid-murid Sekolah Raudhatul Athfal Salman dan Paud Rumah 71, karena pelatihan ini tidak hanya diaplikasikan ke media kayu atau triplek tetapi media apapun seperti acrylic, kaca, kanvas dan lain sebagainya.Kata kunci : pelatihan, bahan ajar, teknik transfer laser print
Pendidikan Karakter dalam Kearifan Lokal Masyarakat Cisarua Nurjanah Nurjanah; Ira Miranti; Nina Dwiastuty
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2358

Abstract

Di Cisarua, Bogor dapat kita temukan turis-turis asing yang berasal dari Timur Tengah yang tinggal sementara maupun menetap. Kehadiran mereka di desa Choblong membuat masyarakat khawatir, karena para turis tersebut juga membawa budaya asli mereka yang mungkin dapat memengaruhi budaya lokal masyarakat. Ternyata masyarakat Choblong yang beragama Islam telah menerapkan kekuatan karakter pada masyarakatnya walaupun mereka tidak menyadari kondisi, hal ini dapat dilihat pada aktivitas keagamaan rutin dan tertentu, seperti pengkajian Al Qur’an. Berdasarkan situasi ini, tujuan artikel ini ditulis adalah untuk mendeskripsikan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat dan pendidikan karakter yang mewakili setiap aktivitas.Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal
Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Media Realia dan Flash Card Widya Widya; Tiarma Ika Yuliana; Yulia Sofiani
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2359

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada wali murid tentang teknik pengajaran kosakata bahasa Inggris dengan media realia dan flash cards, sehingga wali murid bisa menerapkannya di rumah bersama anak-anak. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini adalah three period lesson yang dikembangkan oleh Edouard Seguin. Three period lesson ke dalam tiga tahap yaitu Naming Period (Introduction), Recognition and Association Period (Identification), Recall Period (Cognition). Hasil menunjukkan bahwa Penerapan pengajaran kosakata dengan media realia dan flashcards dengan menerapkan metode three period lesson dikatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata murid dan juga efektif untuk menumbuhkan minat belajar anak karena anak dimungkinkan untuk merasakan nuansa pembelajaran dan pengalaman baru yang lebih menyenangkan. Hal ini berampak positif terhadap peningkatan penguasaan kosakata anakKata kunci: kosakata, realia, flash cards, three period lesson
Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf pada Lansia Rayung Wulan; Eddy Saputra; Ahmad Haries
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2360

Abstract

Dalam rangka mengentaskan buta aksara  huruf Hijaiyah , berbagai macam cara dilakukan agar  mudah dan bisa dipelajari oleh setiap muslim yang belum bisa membaca kitab suci Al-Qur’an, yaitu dengan pendektan metode berbasis multimedia. Metode ini terbukti efektif memudahkan mereka yang belum bisa membaca huruf hijaiyah mempelajari cara membaca Al-Quran. Upaya-upaya yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut diantaranya ialah program pemberantasan buta huruf bagi masyarakat yang terlanjur memiliki tingkat pendidikan formal yang rendah. Oleh karena itu, salah satu langkah awal yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan program intensif pemberantasan huruf arab pada masyarakat khususnya ibu-ibu lanjut usia. Dengan metode berbasis multimedia, menggunakan teknik audio visual ibu ibu dapat menyimak lebih mudah.Teknik penyajian untuk ibu ibu dibuat sedemikian mudah agar dapat dimengerti cepat dengan bantuan multimedia.Kata kunci  : Metode Membaca, Huruf Hijaiyah, Multimedia
Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru Iis Dewi Lestari; Halimatusha’diah Halimatusha’diah; Fibria Anggraini Puji Lestari
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru tentang pentingnya penggunaan media audio, visual, dan audiovisual untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Target luaran kegiatan ini adalah 1) guru-guru dapat memahami pentingnya penggunaan media audio, visual, dan audiovisual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, 2) memberikan beberapa alternative kepada guru dalam penggunaan media pembelajaran, 3) guru-guru dapat menggunakan ragam media audio, visual, dan audiovisual dalam proses pembelajaran di kelas. Kegiatan sosialisasi dilakukan kepada guru-guru di SDN RRI Nasional dan SDN Mekarjaya 30, Depok. Metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi ini adalah diskusi, tanya jawab, dan simulasi hasil sosialisasi. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah 1) observasi lapangan 2) pengenalan dan sosialisasi, 3) implementasi hasil sosialisasi. Kesimpulan dari hasil sosialisasi ini adalah 1) perlu dilakukannya pelatihan-pelatihan secara berkelanjutan dalam hal penggunaan media dan penyiapan materi ajar dalam bentuk audio, visual, dan audiovisual bagi para guru, 2) perlu tersedianya referensi bahan ajar yang memadai untuk menunjang pembelajaran dengan menggunakan media audio, visual, dan audiovisual.Kata Kunci: Media audio, visual, audiovisual; Pembelajaran
Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMP dan SMA. Fiqih Ismawan; Puput Irfansyah; Dwi Dani Apriyani
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362

Abstract

Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran seperti penggunaan internet dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah. Aktifitas belajar mengajar dengan memanfaatkan TIK mampu menimbulkan minat belajar mandiri yang besar, kemudahan memperoleh informasi, meningkatkan keterampilan dan interaksi serta kualitas pembelajaran sehingga mendukung proses belajar-mengajar di sekolah. Berbagai fitur yang disediakan pada Google Drive memiliki banyak kegunaan, selain sebagai media penyimpanan berbasis awan (cloud), google drive juga mampu memberikan sentuhan interaktif seperti kuis online dan akses secara bersama. Berdasarkan uraian tersebut, dilakukan pengabdian kepada mitra berupa pemanfaatan media Google Drive dalam proses belajar mengajar. Tujuan dan manfaat dari pengabdian ini agar peserta didik melalui guru gurunya dapat terbantu dalam berbagi materi, berdiskusi dan mengerjakan tugas kelompok dengan adanya Google Drive dan bagi guru agar dapat memberikan materi yang dapat diakses oleh peserta didik dengan mudah serta melihat siapa saja yang mengerjakan tugas dan dapat berdiskusi langsung dengan peserta didik apabila peserta didik sulit memahami materi, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran baru nantinya. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan tambahan wawasan dan bekal tentang pemanfaatan cloud storage-google drive sebagai media pembelajaran yang baik.Kata kunci: Cloud Storage, Google Drive, Media Pembelajaran

Page 1 of 26 | Total Record : 259