Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX

RESENSI BUKU REFORMASI PENDIDIKAN DALAM KONTEKS OTONOMI DAERAH

Husain Haikal (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2016

Abstract

Bidang pendidikan, selain terabaikan,juga sangat meminggirkan wong cilik, walaupunsebagian anak-anak merekamernpunyai inner motivation yang cukuptinggi untuk belajar dm maju. Hal ini sempatdirekarn dalam salah satu perjalanan seorangcendekiawan serta pendidik, JalaluddkRakhrnat, yang produktif dengan berbagaikarya bermutu dalam beragam topik kajian,sernpat menuliskan:. . . aku terkejut ketika kaca mobillcu diketukoleh jari-jari kCcil. Di luar hujan deras. Lewatka~ay ang remang-remang aku melihat anakkecil yang menggigil kedinginan. Tubuhnyabasah kuyup. Arlojiku menunjukkan pukuldua dinihari. "Pak, ini tauco seribu tiga. Beli,pak, buat bayar uang sekolah, suaranya(1998: 182).Realita ini mengungkap berbagaiketimpangan yang berlaku sejak zaman orla,serta makin bertambah parah pada masa orba.Untuk lebih jelasnya tolong dikaji karya RevrisondBaswir el. al. (1999). Semua ini akandicoba diselesaikan melalui kajian reformasidalam konteks otonomi daerah seperti yangdisajikan Fasli Jalal dm Dedi Supriadi..Dengan berbagai keterbatasan yang ada,tulisan ini akan mencoba menyajikan berbagaiproblema yang berkaitan dengan reformasipendidikan dalarn konteks otonomi daerahyang disajikan Fasli Jal J dan Dedi Suprijadi.Untuk mengatasi hal itu kunci utarnanyaadalah perbaikan pendidikan yang sejakmereka terbaikan. Paling mudah hal ini tercermindengan minimnya dana pendidikan yangdisediakan. Sedangkan sejak diletakkan fondasiorba, telah dibuat TAP MPRS No.XXVIII 1966 yang menetapkan anggaranpendidikan sebesar 25%. Hanya anggaranpendidikan Indonesia tidak pernah melampaui7% sepanjang masa orba (A. SyafiiMaarif, 2001 : 1 )Nampaknya para petinggi pendidikanasyik dengan berbagai proyek. Atau merekayang berwewenang dalam bidang pendidikan,hanya sibuk bergulat dengan kurikulurn ataumengganti nama sekoiah, SMP menjadi SLTPserta sejenisnya. Sernentara mutu pendidikanmakin merosot, dan penghasilan guru ataudosen makin melorot. Indonesia seakan-akanberlari di tempat, sementara negara jiran, atautetangga seperti Malaysia, makin berkernbangserta bermutu dunia pendidikannya. AkibatnyaIndonesia makin kekurangan SDM yangbermutu dm kekurangan ini diisi orang asingsehmgga mereka berjumlah sekitar 7000 orang.Menariknya semua mereka mernpunyai gajilebih tinggi dibandingkan gaji 4 juta PNS?Tinjauan kritis pendidikan masa orla dan orbaperlu lebih disajikan lagi secara kritis danobjektif sehingga pemecahan yang lebihbermakna

Copyrights © 2001






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...