Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan
Vol. 10 No. 1 (2021)

Strategi Pemasaran Teh di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo

Monica Nanda Tuzzahra (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Istiko Agus Wicaksono (Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai tujuan yang dapat dicapai melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba perusahaan dengan cara mempertahankan dan meningkatkan penjualannnya. Tujuan ini dapat dicapai apabila bagian pemasaran perusahaan melakukan strategi yang baik untuk dapat menggunakan kesempatan atau peluang yang ada dalam pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, strategi promosi, hambatan dalam proses penerapan strategi pemasaran.. Penelitian ini dilakukan di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo pada bulan Februari 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung dan wawancara kepada bidang pemasaran, pembimbing lapang serta karyawan di PT. Perkebunan Tambi Wonosobo sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara mengutip dari buku, arsip, jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Strategi produk adalah produk teh yang mempunyai manfaat kesehatan. Strategi harga yang dilakukan dengan cara bersaing dengan para kompetitor. Strategi distibusi melalui pemasaran lokal meliputi wilayah sekitar wonosobo, Yogyakarta, Jakarta sedangkan pemasaran ekspor meliputi Negara USA, Russia, Holland, UEA, India, Jepang. Strategi promosi dilakukan dengan pengiklanan lewat media elektronik dan mengikuti Expo/pameran dan menjalin kerjasama dengan Hotel Horeka, restoran dan cafe-cafe yang ada di wonosobo. Hambatan dalam proses strategi pemasaran yaitu keterbatasan personil (SDM), pengurusan dokumen (pengiriman barang/salah code di dermaga yang mengakibatkan tertahannya barang yang akan dikirim). Hambatan pada produk teh merah belum banyak dibibit di kebun hanya ada di Unit Tambi yang menanam dan mengolah jenis teh merah sehingga menyebabkan teh merah belum selalu diproduksi. Kata Kunci : strategi pemasaran, pemasaran teh

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

suryaagritama

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Surya Agritama: Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan is a scientific journal of agriculture and animal husbandry that is published as a media of information that is published and publishes the research results of lecturers, researchers, and students. JRAP contains original manuscripts that have ...