Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 3 No 1 (2017)

Meningkatkan Keterampilan Pelayanan Restoran dengan Model Role Playing (Demonstrasi dan Eksperimen) pada Siswa Kelas XII SMKN 4 Banjarmasin

Fahmilian Hayati (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Banjarmasin Jl. Brigjend. H. Hasan Basry, Kayu Tangi Banjarmasin, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2017

Abstract

Ditemukan berdasarkan observasi hasil belajar keterampilan pelayanan restoran masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran model role playing dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model role playing. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah model role playing yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.  © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...