cover
Contact Name
Juhriyansyah Dalle
Contact Email
j.dalle@ulm.ac.id
Phone
+6281312979899
Journal Mail Official
j.dalle@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl.Padat Karya Komp. Taman Pesona Permai No. 66 Sei. Andai Banjarmasin
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Published by Rumah Jurnal Press
ISSN : 2460349X     EISSN : 26157640     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can contribute positively to schools and educational institutions. JPTP published by RUMAH JURNAL PRESS periodically published every three months (quarterly) in March, June, September and December each year. Sponsors by SMK Negeri 4 Banjarmasin and SMA Negeri 2 Barabai. The primary aim of this publishing company is to perform fast and reliable process for contributors. Once a paper is accepted, our staffs work hard to provide online version of the papers as quickly as possible. All papers are assigned valid DOI number once they appear online just to make sure that the other researchers cite them while no volume and numbers are still assigned to the papers.
Articles 177 Documents
Meningkatkan Hasil Belajar Analisa Kulit Wajah Bermasalah pada Perawatan Kulit Wajah dengan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Dina Masliah
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.568 KB)

Abstract

Hasil observasi pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar melakukan analisa kulitwajah yang bermasalah pada perawatan kulit wajah dengan teknologi masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktordiantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehinggapembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitiantindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran bertukar pasangan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar siswa yang dilaksanakn dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitianadalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan32 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitasguru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswadiperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model bertukar pasangan. Olehkarena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yangtepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah model bertukar pasangan yang telahterbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Meningkatkan Hasil Belajar Front Office Materi Penanganan Check In Tamu Individu Melalui Model Role Playing Erika Yolanda
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.091 KB)

Abstract

Hasil observasi ditemukan hasil belajar front office materi penanganan check in tamu individu masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran model role playing dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Akomodasi Perhotelan SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model role playing. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah model role playing yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved
Meningkatkan Keterampilan Pelayanan Restoran dengan Model Role Playing (Demonstrasi dan Eksperimen) pada Siswa Kelas XII SMKN 4 Banjarmasin Fahmilian Hayati
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.453 KB)

Abstract

Ditemukan berdasarkan observasi hasil belajar keterampilan pelayanan restoran masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran model role playing dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model role playing. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah model role playing yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.  © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved
Meningkatkan Hasil Belajar Pengolahan Makanan Khusus Materi Pembuatan Ayam Kodok Melalui Metode Demonstrasi Gusti Misrodhia
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.433 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar pengolahan makanan khusus materi pembuatan ayam kodok masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran metode demonstrasi dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan metode demonstrasi. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah metode demonstrasi yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.     © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved
Meningkatkan Hasil Belajar Melakukan Perawatan Badan Secara Teknologi Melalui Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Isnaniah Isnaniah
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.214 KB)

Abstract

Hasil observasi menunjukkan hasil belajar materi perawatan badan secara teknologi masih rendah hal ini dikarenakan kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran berjalan tidak maksimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penerapan pembelajaran bertukar pasangan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakn dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tata Kecantikan SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 32 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model bertukar pasangan. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah model bertukar pasangan yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved
Hasil Belajar Memandikan Jenazah Materi Praktik Penyelenggaraan Jenazah Melalui Metode Demonstrasi Mariatul Qibtiah
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.956 KB)

Abstract

Hasil belajar memandikan jenazah materi praktik penyelenggaraan jenazah berdasarkan hasil observasi didapati masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran metode demonstrasi dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 26 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan metode demonstrasi. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah metode demonstrasi yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.     © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved.
Hasil Belajar Pengelolaan Usaha Boga Materi Pengolahan Kue dari Puff Pastry Melalui Metode Demonstrasi Masrifah Aryani
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.847 KB)

Abstract

Hasil belajar pengelolaan usaha boga materi pengolahan kue dari puff pastry masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran metode demonstrasi dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan metode demonstrasi. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah metode demonstrasi yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved.
Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pengolahan Makanan yang Mengandung Karbohidrat sebagai Sumber Zat Tenaga Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Eny Rusdiana
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 1 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.818 KB)

Abstract

Hasil belajar pengolahan makanan yang mengandung karbihdrat sebagai sumber zat tenaga di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Banjarmasin masih rendah, hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran tipe Jigsaw dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah tipe Jigsaw yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reserved
Hasil Belajar Desain Bahan Tembus Pandang Teknik Penyelesaian Basah Melalui Model STAD Ridhiawaty Ridhiawaty
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.433 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar materi desain bahan tembus pandang teknik penyelesaianbasah masih rendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaanstrategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karenaitu penting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran Model STADdengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiapsiklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yangberjumlah 36 orang, yang terdiri dari 24 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswayang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yangdirekamkan pada lembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswadan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswameningkat melalui penerapan Model STAD. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap danberkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajarandimana salah satunya adalah Model STAD yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017Rumah Jurnal. All rights reserved.Kata-kata kunci: Hasil belajar, bahan tembus pandang, model STAD
Meningkatkan Hasil Belajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia melalui Metode Lesson Study pada Siswa Kelas XI A SMKN 4 Banjarmasin Sri Noor Ilyana
Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan Vol 3 No 2 (2017)
Publisher : Rumah Jurnal Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.213 KB)

Abstract

Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia masihrendah hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategipembelajaran yang kurang tepat sehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itupenting dilakukan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran metode Lesson Studydengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiapsiklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupadata kuantitatif dan kualitatif. Data aktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan padalembar observasi serta data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasiakhir dan formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkatmelalui penerapan metode Lesson Study. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap danberkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yang tepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajarandimana salah satunya adalah metode Lesson Study yang telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.© 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil Belajar, pengolahan penyajian makanan khusus, metode lesson study

Page 1 of 18 | Total Record : 177