Hasil observasi pada SMKN 4 Banjarmasin, ditemukan hasil belajar kewirausahaan masih rendah hal ini dikarenakanbeberapa faktor diantaranya kemampuan siswa dalam menalar pola serta penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepatsehingga pembelajaran kurang berjalan dengan maksimal dan optimal. Oleh karena itu penting dilakukan perbaikan melaluipenelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran Tutor sebaya dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitasdan hasil belajar siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana tiap-tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjekpenelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga SMKN 4 Banjarmasin yang berjumlah 36 orang, yang terdiri dari 24 orang lakilakidan 12 orang perempuan. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa yang berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dataaktivitas guru dan data aktivitas siswa diperoleh melalui obsevasi yang direkamkan pada lembar observasi serta data hasilbelajar siswa diperoleh melalui tes tertulis berupa evaluasi hasil kerja siswa dan evaluasi akhir dan formatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan Tutor sebaya. Olehkarena itu disarankan kepada guru, agar secara bertahap dan berkesinambungan mengkaji pola dan strategi pembelajaran yangtepat dalam upaya perbaikan proses dan hasil pembelajaran dimana salah satunya adalah Tutor sebaya yang telah terbuktidapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, kewirausahaan, tutor sebaya
Copyrights © 2017