Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 3 No 2 (2017)

Upaya Meningkatkan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas XII di SMK Negeri 4 Banjarmasin

Sulistianto Sulistianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatakan aktivitas siswa dan hasil belajar menyediakan layanan porter melaluimodel pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XII di SMK Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016; danuntuk mengetahui respon siswa kelas XII di SMP Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 terhadap pengajaranMenyediakan Layanan Porter menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XII Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 29 orang yangterdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika padasiswa kelas XII di SMK Negeri 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan Menyediakan Layanan Porter.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi :observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan dan penilaianterhadap aktivitas siswa diperoleh data bahwa semua siswa antusias mengikuti pelajaran, keaktifan siswa dalam mengerjakantugas terutama dalam mengerjakan LKS sudah terlihat, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan berkelompok siswa sudahberhasil. Adapun ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus pertama mencapai 93,94% dengan nilai rata-rata hasilbelajar siswa cukup tinggi yaitu 83,00 dan pada siklus kedua meningkat dari siklus pertama, dengan peningkatan sebesar0.9 % untuk ketuntasan klasikal dan 86.00 untuk nilai rata-rata hasil belajar siswa. Sedangkan menurut hasil respon 85,2%siswa pembelajaran kooperatif tipe TPS perlu diterapkan oleh guru bidang studi Kantor Depan Hotel. 79,4% siswa dankelompoknya aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas. 85,3% siswa merasa termotivasi bekerjasama dengan baik dalamkelompoknya dan 82,4% siswa dapat berkomunikasi dengan baik selama kegiatan berkelompok. Kemampuan siswa dalamberkomunikasi dan bekerjasama dengan baik dalam kelompoknya menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran kooperatif berupapengembangan keterampilan sosial telah tercapai. Menurut 91,2% siswa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapatmeningkatkan rasa tanggung jawab, kebersamaaan dan saling membantu antar anggota kelompok dalam menyelesaikan tugaskelompok. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Hasil belajar, layanan porter, pembelajaran kooperatif

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...