Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 3 No 2 (2017)

Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalitas Guru SMPN di Kecamatan Sungai Tabuk

Ngadimun & Desselianita (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Profesionalitas Guru SMPN diKecamatan Sungai Tabuk ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap profesionalitas guruSMPN di Kecamatan Sungai Tabuk, pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalitas guru SMPN di Kecamatan SungaiTabuk, dan pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap profesionalitas guruSMPN diKecamatan Sungai Tabuk.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatankuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru berjumlah 67 orang guru diambil dengan sampling jenuh.Pengambilan data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Materi angket merupakan penjabaran dari pokok-pokok pikiranterhadap 3 variabel: supervisi kepala sekolah, motivasi kerja, dan profesionalitas guru.Skala yang digunakan adalah skalaLikert. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif dengan analisis regresi sederhana dan ganda.Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) ada pengaruh positif dansignifikan secara parsial antara supervisi kepala sekolah terhadap profesionalitas guru; (2) ada pengaruh positif dan signifikansecara parsial antara motivasi kerja terhadap profesionalitas guru; (3) ada pengaruh positif dan signifikan secara simultanantara supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap profesionalitas guru. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Profesionalitas Guru

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...