Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 3 No 2 (2017)

Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Oktazella Ayu Puspitawati & Mawardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2017

Abstract

Desain pembelajaran yang baik harus berdampak pada hasil belajar siswa. Namun, penerapan pembelajaran tematik terpadu kurang mengutamakan kebutuhan belajar siswa. Desain pembelajaran tematik terpadu dikembangkan dengan metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Secara sistematis langkah-langkah penelitian dan pengembangan yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji pakar, nontes dan tes. Teknik tes yang digunakan adalah tes tertulis pilihan ganda, teknik nontes menggunakan instrumen lembar observasi dan angket. Kevalidan desain pembelajaran tematik terpadu dianalisis menggunakan uji pakar deskriptif kategoris dan persentase sedangkan teknik analisis data desain pembelajaran tematik terpadu menggunakan uji T. Hasil dari penelitian desain pembelajaran tematik terpadu berbasis kebutuhan belajar siswa kelas 3 sekolah dasar berupa a) tingkat validitas model setelah mendapatkan penilaian dari ahli model desain pembelajaran mencapai 82,5% dengan kategori sangat tinggi, b) validasi silabus pembelajaran oleh ahli desain sebesar 85% dengan kategori sangat tinggi, c) validasi RPP oleh ahli desain sebesar 82% dengan kategori sangat tinggi dan d) validasi materi oleh ahli materi sebesar 74% dengan kategori tinggi. Desain pembelajaran tematik terpadu terbukti efektif berdasarkan perbedaan pretest dan posttest pada nilai signifikansi 0,003. © 2017 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Desain pembelajaran, tematik terpadu, kebutuhan belajar siswa 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...