Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 2 (2018)

Meningkatkan Aktivitasdan Hasil Belajar Siswa Materi Panca Indra Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) di Kelas V SDN Hariang

Hj. Antung Faridah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Setting penelitian di  SDN HariangKabupatenTabalong, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 17  orang terdiri atas 7 laki-laki dan 10 perempuan. Populasi dilakukan dengan menggunakan instrument berupa lembar-lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dan tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. Pertemuan pertama siklus I tingkat aktivitas guru masih belum optimal dimana prosentasi keaktifannya hanya 57% atau masih berkategori cukup baik. Pada pertemuan kedua siklus 1 aktivitas guru meningkat menjadi 71% atau berkategori baik. Sedangkan pada pertemuan pertama dan kedua siklus 2 aktivitas guru mencapai 71% kategori baik, meningkat menjadi 95% kategori sangat baik. Pertemuan pertama siklus 1 tingkat keaktifan siswa berkategori cukup aktif dan pertemuan kedua siklus 1 tingkat keaktifan siswa sudah mengalami peningkatan yang prosentasinya berkategori aktif. Hasil belajar siswa pada evaluasi siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata siswa 64,1 sedangkan pada pertemuan 2 nilai rata-rata siswa 71,8. Pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata siswa mencapai 75,9 dan pertemuan 2 nilai rata-rata siswa 79,5. Siswa yang tuntas pada siklus I pertemuan 1 berjumlah 6 orang dari 17 siswa dengan prosentasi sebesar 35,3%, pertemuan 2 berjumlah 10 orang dari 17 siswa dengan prosentasi sebesar 58,9%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 yang tuntas 13 orang dari 17 siswa dengan prosentasi sebesar 76,5% dan pertemuan 2 yang tuntas 15 orang dari 17 siswa dengan prosentasi sebesar 88,3%. Siswa terus menerus berlatih model pembelajaran STAD agar lebih aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan dalam belajar, sehingga hasil belajar lebih meningkat. Bagi kepala sekolah diharapkan hasil penelitianini menjadi sumbangan pemikiran untuk melakukan supervise dan perbaikan-perbaikan hasi lbelajar di sekolah dan memotivasi guru dalam mengembangkan pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, student team achievement divisions.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...