Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 2 (2018)

Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Objek Langsung pada Siswa Kelas I SDN Habau Tahun Pelajaran 2017/2018

Hj. Ramnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Berdasarkan data hasil belajar siswa kelas I SDN Habau diketahui bahwa dalam aspek kemampuan menyimak, berbicara, maupun membaca siswa sudah mencapai nilai yang diharapkan, namun dalam aspek kemampuan menulis siswa masih rendah. Hal tersebut berdasarkan data yang diperoleh bahwa dari 21 siswa yang ada, hanya 7 siswa yang mencapai nilai rata-rata kelas yang diharapkan yaitu 70. Dengan demikian, lebih dari 50% dari jumlah siswa di kelas tersebut belum mempunyai kemampuan menulis yang baik. Berlandaskan hal tersebut, maka aspek kemampuan berbahasa yang diteliti yaitu mengenai kemampuan menulis. Sebagian besar siswa melakukan kesalahan terutama ketidaklengkapan dalam penulisan huruf, kata, atau kalimat sederhana. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis permulaan adalah media realita atau disebut dengan media objek langsung. Media objek langsung merupakan media pembelajaran yang berasal dari benda-benda nyata seperti apa adanya asli tanpa perubahan. Salah satu kelebihan dari penggunaan media objek langsung dalam pembelajaran yaitu dapat dijadikan stimulan motivasi sekaligus salah satu cara untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Habau dengan subyek siswa kelas I yang berjumlah 21 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan, Dilaksanakan dengan 2 siklus tindakan dengan masing-masing 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan media objek langsung, hal ini dilihat dari aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 52.38 meningkat pada pertemuan 2 menjadi 65.58. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat lagi menjadi 74.40 hingga pertemuan 2 menjadi 82.74. Kemampuan menulis permulaan juga mengalami peningkatan setelah menggukan media objek langsung. Hal ini dilihat data pada siklus I pertemuan 1 sebesar 63.81meningkat pada pertemuan 2 menjadi 66.67. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat lagi menjadi 79.05 hingga pertemuan 2 menjadi 86.67. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reserved Kata-kata kunci: kemampuan menulis permulaan, media objek langsung.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...