Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 2 (2018)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui Pendekatan Kooperatif Model Make A Match di Kelas IV SDN Dukuh Kabupaten Tabalong

Ramidi Ramidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui pendekatan kooperatif model Make A Match di kelasIV SDN Dukuh KabupatenTabalong. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setting penelitianini adalah di SDN Dukuh dengan sampel seluruh siswa kelas IV sebanyak11 orang siswa yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 6 orang perempuan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif berupa tes tertulis pada akhir siklus. Analisis data yang digunakan interpretasi berdasarkan perhitungan distribusifrekuensi dengan pembahasan berdasarkan skala prosentase dan indicator ketuntasan belajar yang ditetapkan kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru (peneliti) melalui pendekatan kooperatif model Make A Match pada siklus I dengan skor hasil perolehan sebesar 53,13% (cukupbaik) meningkat menjadi 83,12% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa dalam berkelompok pada siklus I dengan skor perolehan sebesar 54% (cukup aktif) meningkat pada siklus II sebesar 73,5% (sangat aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari tes akhir siklus yaitu pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata sebesar 59,09 meningkat menjadi 65,45 pada pertemuan 2. Kemudian siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata sebesar 71,82 meningkat menjadi 79,09 pertemuan 2. Ketuntasan klasikal pada sikuls I pertemuan 1 sebesar 45,45% menjadi 54,55% pada pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 81,82% meningkat menjadi 90,91% pada pertemuan kedua. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif model Make A Match dapat meningkatkan aktivtas dan hasil belajar siswa padapelajaran IPS tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan kelasIV di SDN Dukuh, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan pendekatan kooperatif melalui model Make A Match agar siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dan membantu siswa memahami materipelajaran sertadapat meningkatkan hasil belajar siswa. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, pendekatan kooperatif, model make a match

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...