Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 3 (2018)

Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Penggunaan Media ICT di TK Hadikat Kecamatan Pandawan

Fahriah Fahriah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Latar belakang diadakannya penelitian tindakan sekolah ini adalah kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan media ICT untuk belajar mengajar di TK Hadikat. Rumusan masalah dalam penulisan PTS ini adalah sebagai berikut bagaimana tahapan pelaksanaan upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui penggunaan media ICT di TK Hadikat Kecamatan Pandawan dan bagaimana peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam mengajar menggunakan media ICT di TK Hadikat Kecamatan Pandawan. Penelitian ini berlokasi di TK Hadikat Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru kelompok A dan B TK Hadikat. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil akhir menyatakan bahwa Upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui penggunaan media ICT di TK Hadikat Kecamatan Pandawan berhasil dan sesuai dengan tahapan. Pada siklus I Untuk pencapaian hasil dari  kegiatan yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui penggunaan gedia ICT pada pada siklus I pada guru atas nama Samsiah dengan skor 16 kemudian atas nama guru Saufiah dengan skor 17, kemudian pada siklus II  guru atas nama Samsiah dengan skor 20 kemudian atas nama guru Saufiah dengan skor 21. Hal tersebut tentu saja dapat dikategorikan berhasil. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Pedagogik, guru, ict

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...