Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 3 (2018)

Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di TK Nurrahman Kecamatan Labuan Amas Selatan

Mahrina Udayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Latar belakang diadakannya penelitian tindakan sekolah ini Setelah dilakukan penjajakan dan pengamatan awal terhadap penyusunan perencanaan pembelajaran oleh guru di TK Nurrahman Kecamatan Labuan Amas Selatan terdapat temuan bahwa guru masih belum mampu untuk menyusun rencana pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan PTS ini adalah sebagai berikut: bagaimana tahapan pelaksanaan upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik di TK Nurrahman Kecamatan Labuan Amas Selatan dan bagaimana peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran melalui supervisi akademik di TK Nurrahman Kecamatan Labuan Amas Selatan. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru TK Nurrahman. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari 2 siklus. Hasil akhir menyatakan Pada siklus I Untuk pencapaian hasil dari  kegiatan yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pembelajaran pada guru kelompok A atas nama Nor Asiah dengan skor 16, kemudian guru kelompok B atas nama Irni dengan skor 17, dan guru kelompok B atas nama Dessy Nurhikmah dengan skor 17. Kemudian pada Siklus II pada guru kelompok A atas nama Nor Asiah dengan skor 20, kemudian guru kelompok B atas nama Irni dengan skor 21, dan guru kelompok B atas nama Dessy Nurhikmah dengan skor 21. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pembelajaran digolongkan berhasil. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Pedagogik, supervisi, pembelajaran

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...