Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 3 (2018)

Meningkatkan Disiplin Guru Dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Penerapan Reward and Punishment di SDN 3 Setiap Kecamatan Pandawan

H. Asmuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Latar belakang diadakannya penelitian tindakan sekolah ini adalah kurangnya kedisiplinan guru dalam dalam mengajar di kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat tahapan pelaksanaan dalam upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan Reward and Punishment di SDN 3 Setiap Kecamatan Pandawan. Penelitian ini adalah  penelitian tindakan sekolah terdiri dari 2 siklus dengan 4 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pelaksanaan, perencanaan, evaluasi, dan refleksi dengan teknik analisi data menggunakan persentase keterlaksanaan yaitu membanding keterlaksanaan dengan seluruh aspek aktifitas dengan pengkatagorian menggunakan rubrik. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 orang  guru kelas 1 sampai dengan 6 SDN 3 Setiap, tempat penelitian ini adalah SDN 3 Setiap Kecamatan Pandawan. Hasil akhir menunjukan bahwa pencapaian hasil dari  kegiatan yang dilakukan dalam meningkatkan disiplin guru  pada siklus I dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan Reward and Punishment siklus I pada guru kelas 1 dan 2 memperoleh skor 6, kemudian pada guru kelas 3 sampai kelas 6 memperoleh skor 7. Hal tersebut masih digolongkan cukup baik masih dan pemantapan hasil penelitian di siklus II. Pada siklus II dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan Reward and Punishment siklus II pada guru kelas 1 sampai kelas 6 memproleh skor 12. Hal tersebut masih digolongkan sangat baik, dan penelitian tindakan sekolah ini dinyatakan berhasil. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Disiplin, guru, reward and punishment

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...