Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 3 (2018)

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Melalui Metode Observasi Siswa Kelas IV SDN 2 Jatuh Kecamatan Pandawan

Rabihah Rabihah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Pada prinsipnya IPA diajarkan untuk membekali siswa agar mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang dapat membantu siswa memahami gejala alam secara mendalam. Oleh karena itu pembelajaran IPA harus dibuat lebih menarik dan mudah dipahami siswa. Pembelajaran yang terjadi di SDN 2 Jatuh menunjukkan bahwa metode mengajar guru masih kurang bervariasi. Pembelajaran IPA khususnya materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya masih banyak disajikan melalui metode ceramah dan penugasan. Akibatnya siswa kurang termotivasi, cepat jenuh dan bosan hingga hasil belajarnya juga tidak sesuai harapan. Mengatasi hal tersebut digunakan metode observasi dalam menyajikan materi ini. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek 15 siswa pada semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa pengelolaan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan, hasil belajar IPA siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dapat ditingkatkan melalui penerapan metode observasi dari nilai rata-rata 60,66 dengan ketuntasan 40,00% (tidak tuntas) menjadi 90,00 dengan ketuntasan 93,33% (tuntas). © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Observasi, hasil belajar, golongan hewan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...