Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 3 (2018)

Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Menjelaskan Pentingnya Keutuhan NKRI Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas V SDN Pengambau Hilir Luar Kecamatan Haruyan

Abdul Rahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Pelajaran PKn oleh sebagian siswa sering dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan lebih banyak hafalan sehingga siswa kurang termotivasi dan hasil belajar menjadi kurang maksimal. Cara mengajar guru yang kurang melibatkan keaktifan siswa juga turut menjadi penyebab kurangnya hasil belajar PKn siswa di SDN Pengambau Hilir Luar. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan pembelajaran dengan metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pengambau Hilir Luar pada kompetensi menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh melalui pengamatan dan penilaian dianalisis secara deskriptif berdasarkan nilai yang tercapai. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan subjek 12 orang siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas siswa dapat ditingkatkan dari 3,0 dengan kriteria cukup baik pada siklus I menjadi 4,2 dengan kriteria baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada pembelajaran kompetensi menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode bermain peran dari tidak tuntas dengan ketuntasan 50,00% menjadi tuntas belajar 100%. © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, bermain peran, NKRI.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...