Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 4 No 3 (2018)

Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Mengidentifikasi Ciri-Ciri Benda Padat dan Cair Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas II SDN 4 Barikin Kecamatan Haruyan

Masniah Masniah (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Proses pembelajaran IPA dilaksanakan dengan lebih mengutamakan keterlibatan aktif siswa agar pembelajaran lebih memotivasi dan meningkatkan hasil belajar. Pembelajan IPA di SD Negeri 4 Barikin belum semaksimal yang diharapkan, terlihat dari proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Hal demikian berdampak pada keaktifan dan hasil belajar siswa yang tidak sesuai harapan.Mengatasi masalah tersebut dilakukan pembelajaran dengan model Talking Stick. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 4 Barikin pada kompetensi mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini terdiri atas hasil belajar siswa sebagai data utama dan aktivitas siswa sebagai data pendukungnya. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif berdasarkan nilai yang tercapai. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan subjek 13 orang siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa aktivitas siswa dapat meningkat dari 3,14 dengan kriteria cukup baik pada siklus I menjadi 4,21 dengan kriteria baik pada siklus II. Hasil belajar siswa dapat meningkat dari ketuntasan 61,54% (tidak tuntas) menjadi 92,31% (tuntas belajar). © 2018 Rumah Jurnal. All rights reservedKata-kata kunci: Ciri-ciri benda, hasil belajar, talking stick.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...