agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Namun umumnya guru di TK Tunas Harapan Tabudarat Hulu belum sepenuhnya mampu membuat perangkat pembelajaran secara baik dan lengkap sehingga akan berpengaruh pada pembelajaran yang dilaksanakannya. Untuk itu peneliti melakukan pembimbingan melalui metode diskusi terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 dengan subjek guru kelompok A dan B TK Tunas Harapan Tabudarat Hulu. Penelitian berlangsung dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa kompetensi guru menyusun perangkat pembelajaran dikumpulkan melalui penilaian, dianalisis secara deskriptif berdasarkan nilai persen (%) dan ditafsirkan dalam suatu kategori penilaian.Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, kompetensi guru di TK Tunas Harapan Tabudarat Hulu dalam menyusun perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 dapat ditingkatkan dari 69,0% dalam kategori baik pada siklus I menjadi 85,4% dalam kategori sangat baik pada siklus II. Kata-kata kunci: Kompetensi guru, kurikulum 2013,
Copyrights © 2019