Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 5 No 2 (2019)

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Wawai Gardu Kecamatan Batang Alai Selatan

Hj. Pahnor (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2019

Abstract

Pemilihan metode dalam pembelajaran IPA merupakan suatu hal penting agar pembelajaran menjadi menarik dan lebih efektif. Sebagai guru, peneliti menginginkan agar hasil belajar siswa dapat mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan. Namun nilai sebagian besar siswa kelas IV SDN Wawai Gardu khususnya dalam pembelajaran IPA materi gaya masih di bawah KKM. Peneliti merasa kurangnya variasi metode dalam mengajar menjadikan pembelajaran kurang menarik dan terkesan monoton sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada pembelajaran IPA materi gaya. Penelitian ini berupa Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan subjek 11 orang siswa kelas IV. Penelitian berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data meliputi pelaksanaan pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh melalui pengamatan dan penilaian, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran dapat meningkat dari 45,45% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 53,53% siswa yang aktif atau sangat aktif pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II. Hasil belajar dapat ditingkatkan dari 55% siswa tuntas belajar pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode domonstrasi dalam menyajikan pembelajaran IPA khususnya materi gaya karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa seperti pada penelitian ini. Kata-kata kunci: Hasil belajar, gaya, metode demonstrasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...