Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 5 No 4 (2019)

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak TK dalam Materi Konsep Bilangan Melalui Model Make A Match

Siti Hanida Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Latar belakang diadakannya Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah kurangnya kemampuan kognitif anak hal ini disebabkan pembelajaran yang kurang menarik . Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang menarik yaitu model Make a Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui model Make a Match pada TK Mawar Kayu Bawang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bagaimana aktivitas anak dan aktivitas guru dengan menggunakan model Make a Match pada TK Mawar Kayu Bawang Kabupaten Hulu Sungai Tengah.. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas anak dan aktivitas guru dengan menggunakan model Make a Match pada TK Mawar Kayu Bawang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Metode dalam penelitian ini mengggunakan Penelitian Tindakan Sekolah . Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A pada TK Mawar Kayu Bawang sebanyak 15, yang terdiri 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan interprestasi atau persentase keberhasilan dengan menganalisis kemampuan kognitif anak dan aktivitas anak serta aktivitas guru. Teknik pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus masing masing siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pelaksanaan, perencanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan kognitif anak secara klasikal ketercapaian 86,7%, aktivitas anak ketercapaian 89,2% dengan kreteria sangat aktif, aktivitas guru ketercapaian 92,2% dengan kreteria sangat baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...