Latar belakang diadakannya Penelitian Tindakan Kelas ini adalah kurangnya hasil belajar siswa secara klasikal, sebagai dampak dari pembelajaran konvensional, siswa yang ngantuk, kurang motivasi, pembelajaran satu arah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu model Surprise of Magic Boxes. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan hasil belajar pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan dengan model Surprise of Magic Boxes pada siswa kelas VIIA SMPN 17 Hulu Sungai Tengah. Bagaimana aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran guru dalam menggunakan model Surprise of Magic Boxes. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan, aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran guru dengan model Surprise of Magic Boxes. Penelitian ini mengggunakan Penelitian Tindakan Kelas atau Action Research. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 17 Hulu Sungai Tengah sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan interprestasi atau persentase keberhasilan dengan menganalisis pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus masing masing siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu pelaksanaan, perencanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa melalui penerapan model Surprise of Magic Boxes dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata 85 dan secara klasikal ketercapaian 90%, aktivitas siswa 87% dengan kategori sangat aktif dan pelaksanaan pembelajaran guru 93,4% dengan kategori sangat baik.
Copyrights © 2019