Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 6 No 2 (2020)

Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran melalui Supervisi Teknik Demonstration Teaching

Muhammad Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melalui kegiatan supervisi dteknik demonstration teaching yang dilakukan kepala sekolah sebagai peneliti. Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran yang menitikberatkan pada penggunaan metode ilmiah dalam kegiatan belajar mengajar. Teknik pembinaan dilakukan melalui supervisi teknik demonstration teaching. Supervisi teknik demonstration teaching adalah pembinaan yang dilakukan kepada guru melalui peragaan/contoh dari supervisor ataupun guru peserta yang memiliki kemampuan. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di SDN Panaan Kecamatan Bintang Ara dengan dua siklus tindakan. Subyek penelitian ini adalah guru SDN Panaan yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan guru menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran setelah dilaksanakan supervisi teknik demonstration teaching. Pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata kemampuan guru menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran 50%, sedangkan pada pertemuan 2 menjadi 64% . Pada siklus 1I pertemuan 1 rata-rata kemampuan guru meningkat menjadi 74% sedangkan pada pertemuan 2 menjadi 81%. Pelaksanaan supervisi teknik demonstration teaching pada guru siklus I pertemuan 1 adalah 70% meningkat pada pertemuan 2 menjadi 80%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 85% dan pada pertemuan 2 menjadi 95%. Dengan menggunakan supervisi teknik demonstration teaching dapat meningkatkan kemampuan guru menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...