Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 6 No 3 (2020)

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Mengungkapkan Makna dalam Teks Tulis Fungsional dan Esei Pendek Sederhana melalui Metode Example Non Example

Normalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Kurang aktifnya dan rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar bahasa Inggris yang disebabkan penggunaan metode pembelajaran oleh guru yang kurang menarik dan menantang bagi siswa sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Data penelitian diperoleh dengan tes tulis serta menggunakan lembaran observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IXB SMP Negeri 22 Hulu Sungai Tengah semester I tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 21 Orang. Hasil Penelitian menunjukan dengan metode examples non examples dapat meningkat hasil belajar Bahasa Inggris pada materi mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan reportdi kelas IX B SMP Negeri 22 Hulu Sungai Tengah.dengan ketuntasan pada siklus I ketuntasan siswa 76% Aktivitas guru dalam mengajar siklus I 80% terlaksana dan siswa yang aktif siklus I 77%. Setelah direfleksi terjadi peningkatan pada siklus II ketuntasan siswa 90%, Aktivitas guru meningkat menjadi 93% dan siswa yang aktif 94%. Dari analisis penelitian dapat disimpulkan dengan melalui metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada materi mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan reportdi kelas IX B SMP Negeri 22 Hulu Sungai Tengah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...