Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 6 No 4 (2020)

Hubungan antara Metode Bimbingan Konseling dan Perilaku Siswa SMP

Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara metode bimbingan konseling dan perilaku siswa SMPN 1 Pandawan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode korelasi, alat penggali data utama adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan metode bimbingan konseling dan perilaku siswa, pada taraf signifikan 5% dengan nilai P Sig < 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bimbingan konseling berhubungan (kolerasi kuat) terhadap perilaku siswa. Dengan demikian hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H_0) ditolak. Ini berarti bahwa terdapat hubungan/korelasi positif yang signifikan antara metode bimbingan konseling dan perilaku siswa di SMPN 1 Pandawan. Korelasi juga menunjukkan bahwa makin tinggi metode bimbingan konseling akan meningkatkan perilaku siswa, hal ini terlihat bahwa nilai korelasinya 0,638 dengan taraf signifikan 5% atau derajad kepercayaannya 95%, hal ini berarti peningkatan metode bimbingan konseling sebesar 63,80% meningkatkan perilaku siswa sebesar 63,80%. Dengan demikian guru BK diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan konseling yang telah dimiliki dan mampu melakukan terobosan-terobosan baru dalam metode bimbingan konseling.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...