Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara metode bimbingan konseling dan perilaku siswa SMPN 1 Pandawan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode korelasi, alat penggali data utama adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan metode bimbingan konseling dan perilaku siswa, pada taraf signifikan 5% dengan nilai P Sig < 0,05 (0,001 < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa metode bimbingan konseling berhubungan (kolerasi kuat) terhadap perilaku siswa. Dengan demikian hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H_0) ditolak. Ini berarti bahwa terdapat hubungan/korelasi positif yang signifikan antara metode bimbingan konseling dan perilaku siswa di SMPN 1 Pandawan. Korelasi juga menunjukkan bahwa makin tinggi metode bimbingan konseling akan meningkatkan perilaku siswa, hal ini terlihat bahwa nilai korelasinya 0,638 dengan taraf signifikan 5% atau derajad kepercayaannya 95%, hal ini berarti peningkatan metode bimbingan konseling sebesar 63,80% meningkatkan perilaku siswa sebesar 63,80%. Dengan demikian guru BK diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan bimbingan konseling yang telah dimiliki dan mampu melakukan terobosan-terobosan baru dalam metode bimbingan konseling.
Copyrights © 2020