Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningatkan hasil belajar IPA kelas VI melalui penerapan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Wawai Gardu tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 9 orang siswa. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dinalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif-deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi Konduktor dan Isolator pada siswa kelas VI SDN Wawai Gardu Kecamatan Batang Alai Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen merupakan suatu strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Wawai Gardu Kecamatan Batang Alai Selatan. Peningkatan tersebut ditunjukan oleh hasil penelitian dari siklus 1 ke siklus 2 menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 53,33 pertemuan pertama dan 58,88 pertemuan kedua pada siklus I meningkat menjadi 76,66 pertemuan pertama dan 91,11 pertemuan kedua pada siklus II, peningkatan persentase siswa yang tuntas dari siklus 1 yaitu dari 11% pada pertemuan pertama dan 44% pada pertemuan kedua meningkat menjadi 100% pada siklus II pertemuan pertama dan kedua.
Copyrights © 2021