Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan
Vol 7 No 2 (2021)

Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Satuan Volume dan Debit Siswa Kelas VI SD Negeri Timbuk Bahalang

Samlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran matematika materi Satuan Volume dan Debit di kelas VI SD Negeri Timbuk Bahalang masih terlaksana secara konvensional dengan lebih banyak ceramah, penugasan, atau menjawab soal-soal. Kegiatan pembelajaran terasa monoton dan siswa terlihat pasif dalam belajar. Akibatnya pemahaman siswa pada materi menjadi tidak maksimal dan hasil belajar menjadi rendah. Mengatasi masalah tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan melalui pembelajaran dengan model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa serta mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika materi Satuan Volume dan Debit dengan model Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VI SD Negeri Timbuk Bahalang kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.dengan subjek sebanyak 13 orang siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes/evaluasi dan dianalisis secara deskriptif berdasarkan ketuntasan belajar yang tercapai. Adapun data aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif melalui teknik persentase (%) dengan meninterpretasikan pada kategori penilaian. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan, bahwa: (1) Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dari ketuntasan 76,92% (tidak tuntas) menjadi 92,31% (tuntas), (2) Aktivitas siswa dapat ditingkatkan dari 74,04% (cukup tinggi) menjadi 76,92% (tinggi, dan (3) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan semakin baik dari 78,33% (cukup baik) pada siklus I menjadi 85,00% (baik) pada siklus II.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptp

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan (Journal of Action Research and Education) is an open access and peer-reviewed journal.The journal is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The ...