Abstrak: Komunikasi terapeutik merupakan sarana bagi perawat dalam menjalinhubungan saling percaya dan dapat meningkatkan kepuasan pasien, sehinggadapat meningkatkan citra yang baik untuk tenaga kesehatan khususnya profesikeperawatan. Hubungan saling memberi dan menerima antara perawat dan pasiendalam pelayanan keperawatan disebut sebagai komunikasi terapeutik. Tujuanpenelitian mengindentifikasi komunikasi terapeutik perawat dan kepuasaanpasien serta menganalisis hubungan komunikasi terapeutik perawat dengankepuasaan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. H. Chasan BoesoirieTernate. Sampel berjumlah 80 responden dengan menggunakan tehnik PurposiveSampling. Desain penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif denganpendekatan cross sectional dan data dikumpulkan dari responden menggunakanlembar kuesioner. Hasil penelitian uji statistik menggunakan uji chi-square padatingkat kemaknaan 95% (α ≤ 0,05), hasil didapatkan nilai p= 0,000 ini berartibahwa nilai p< α (0,05). Kesimpulan terdapat hubungan komunikasi terapeutikperawat dengan kepuasan pasien. Rekomendasi peneliti yaitu meningkatkankomunikasi terapeutik perawat di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. H. ChasanBoesoirie Ternate.Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik Perawat, Kepuasan Pasien.
Copyrights © 2015