Rendahnya hasil ketuntasan belajar passing bola basket dikarenakan metode pembelajaran guru masih konvensional yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela melalui metode role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN Suela yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian passing dan lembar observasi proses kegiatan pembelajaran. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi awal sebelum dilakukan PTK, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 23.3%, (2) siklus I meningkat menjadi 70%, dan (3) siklus II meningkat menjadi 83.3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar passing bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela tahun ajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020