Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2020): November

Meningkatkan hasil belajar passing permainan bola basket siswa melalui penggunaan metode bermain peran (role playing)

Memi Eliza (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Rendahnya hasil ketuntasan belajar passing bola basket dikarenakan metode pembelajaran guru masih konvensional yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela melalui metode role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN Suela yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian passing dan lembar observasi proses kegiatan pembelajaran. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi awal sebelum dilakukan PTK, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 23.3%, (2) siklus I meningkat menjadi 70%, dan (3) siklus II meningkat menjadi 83.3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar passing bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela tahun ajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...