cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 78 Documents
Meningkatkan hasil belajar passing permainan bola basket siswa melalui penggunaan metode bermain peran (role playing) Memi Eliza
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2020): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.117 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v1i1.1

Abstract

Rendahnya hasil ketuntasan belajar passing bola basket dikarenakan metode pembelajaran guru masih konvensional yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela melalui metode role playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN Suela yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa rubrik penilaian passing dan lembar observasi proses kegiatan pembelajaran. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kondisi awal sebelum dilakukan PTK, ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 23.3%, (2) siklus I meningkat menjadi 70%, dan (3) siklus II meningkat menjadi 83.3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar passing bola basket pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela tahun ajaran 2019/2020.
Pengaruh sircuit training terhadap peningkatan VO2 max atlet bola basket Dadang Warta Candra Wira Kusuma; Hendri Sugyanto
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2020): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.631 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini focus pada latihan sirkuit training dengan menggunakan metode latihan denagn menggunakan beberapa post atau stasiun dan merupakan salah satu program latihan yang sangat membantu para olahragawan untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler (vo2max) secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh latihan sirkuit terhadap peningkatan VO2 Max pada atlet bola basket SMAN 1 Pringgabaya Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan 15 atlet bola basket sebagai sampel yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian ini berupa tes perbuatan yaitu sirkuit training dan bleep test. Berdasarkan hasil uji-t, didapatkan thitung VO2 Max sebesar 4,368 sedangkan ttabel sebesar 1,753 dalam taraf signifikan 5%, sehingga thitung lebih besar dari ttabel (4,368 > 1,761) sehingga dapat disimpulkan bahwa latihan sirkuit training berpengaruh positif terhadap peningkatan VO2 Max atlet bola basket pada ekstrakulikuler SMAN 1 Pringgabaya Tahun 2020.
ANALISIS TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SISWA KELAS VII PUTRA MTS AL-MA’ARIF MUJUR KECAMATAN PRAYA TIMUR A. Abdurrahman; I. Isyani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.773 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.3

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tingkat kecemasan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar roll depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat  Kecemasan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Siswa Kelas VII Putra  MTs Al-Ma’arif Mujur Kecamatan Praya Timur Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas VII Putra MTs Al-Ma’arif Mujur Kecamatan Praya Timur yang berjumlah 19 orang. Metode penelitian menggunakan ex post fakto. Metode pengumpulan data dalam variabel X dan variabel Y menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution),hasil pengolahan data yang diperoleh hasil persamaan regresi Y = 93,143 – 0,069X1 – 0,098X2. Hasil perhitngan secara simultan diperoleh hasil uji parsial untuk t hitung 1,024 < dari F tabel 4,45 dan nilai signifikasi sebesar 0,382 l > dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh Kecemasan (X1) dan Motivasi (X2) secara simultan terhadap Y. Sedangkan nilai kofisien regresi variabel kecemasan adalah sebesar 1,399 dengan t tabel sebesar 2,120, signifikasi variabel kecemasan terhadap variabel dan nilai sig sebesar 0,181 atau > dari nilai alpha 0,05. Kesimpulannya nilai t hitung < t tabel -1,399 < 2,120 dan nilai signifikasi 0,181 > 0,05 artinya variabel Kecemasan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Roll Depan atau H1 diterima dan H2 ditolak. Hasil nilai koefisien regrasi variabel motivasi adalah (t hitung) sebesar -0,790, dengan t tabel 2,120, signifikasi variabel motivasi kerja terhadap variabel terkait yaitu motivasi kerja sebesar 0,441 atau > dari 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai t hitung > t tabel dan signifikasi 0,441 > 0,05 artinya variabel Motivasi berpengaruh terhadap Hasil Belajar Roll Depan atau H1 diterima dan H0 ditolak. Nilai R Square sebesar 0,337. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar (X) secara simultan terhadap variabel adalah sebesar 33,7%. sedangkan sisanya, yaitu 67,3% (100% - 33,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di dalam model regresi linier ini.
Pengaruh strategi pembelajaran synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa Nani Nurul Hidayatul Fitri; Endah Resnandari Puji Astuti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2020): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.703 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v1i1.4

Abstract

Permasalahan pada hasil belajar siswa kelas VIII MTs NW Pengkelak Mas pada mata pelajaran PPKN ditemui gejala-gejala yang menunjukan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran strategi synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKN di MTs NW Pengkelak Mas Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk melihat keadaan di sekolah, tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai t-hitung 4.91dan t-tabel 2.074 dengan taraf signifikan 5% dengan demikian t-hitung > t-tabel yaitu (4.91 > 2.074) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.
Meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi lengkung melalui model discovery learning S. Suratmi
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2020): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.411 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung melalui model discovery learning kelas IX B SMP Negeri 2 Mojosongo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Mojosongo. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan dan instrumen tes yang dianalisis secara deskriptif, komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan (1) Sikap jujur siswa menjadi sangat baik dengan skor rata-rata 3,8; (2) hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 61,25 pada siklus I menjadi 88,63 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Mojosongo pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Pengaruh media aplikasi pinnacle studio terhadap hasil belajar siswa J. Juriati; Muh Husein Baysha
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2020): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.246 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v1i1.6

Abstract

Penggunaan media yang tepat akan sangat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh MediaAplikasi Pinnacle Studio Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTs Darudda’wah Kelep Sekotong Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa yang diambil menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 9,895 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1) = 20-1 = 19 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (9,895>2,093) sehingga dapat disimpulkan bahwa media aplikasi pinnacle studio berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTs Darudda’wah Kelep Sekotong Lombok Barat.
MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BAGI SISWA SMP NEGERI 4 BOYOLALI Tri Joko Setiyono
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.374 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.7

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pendidikan karakter melalui pengembangan budaya sekolah dengan pendekatan sistem bagi siswa SMP Negri 4 Boyolali. Penelitian tindakan sekolah ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan data dan  menginterprestasikan data. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yaitu  penelitian yang dilakukan oleh peneliti secara langsung. Seting yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa SMP Negeri 4 Boyolali kabupaten Boyolali. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui non tes. Alat pengumpulan data menggunakan observasi. Untuk mengetahui keefektifan pengembangan budaya sekolah dengan pendekatan sistem,  peneliti dan kolaborator melakukan pengamatan selama hari-hari masuk sekolah. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1) menurunnya tingkat pelanggaran tata tertib sekolah dari kondisi awal 9,45% menjadi 5,50% pada Siklus I, dan menjadi 4,00% pada Siklus II setelah dilaksanakan penguatan pengembangan budaya sekolah. Setelah dilakukan pengumpulan dan analisis data, dalam penelitian ini diperoleh hasil yang signifikan. Dari hasil penelitian telah menunjukkan bahwa melalui penguatan pengembangan budaya dengan pendekatan sistem sekolah dapat menurunkan pelanggaran tata tertib sekolah dari kondisi awal yang hanya 9,45% menjadi 5,02% pada Siklus I, dan, 3.70 pada siklus II.  Menurunnya pelanggaran terhadap tata tertib sekolah bagi siswa, menunjukkan peningkatan pendidikan karakter bagi siswa SMP Negeri 4 Boyolali.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI AUTOPLAY QUIS MAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAKRA TIMUR Hadi Gunawan Sakti; Endah Resnandari Puji Astuti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 2 (2021): May
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.156 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i2.14

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru masih belum maksimal dalam menggunakan media sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi pasif. Untuk itu guru seharusnya dituntut untuk lebih bisa mendisain atau mengemas suatu materi dengan menggunakan media pembelajara, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan menyenangkan. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur. Tujuan dalam penelitian ini adalah: “Ingin Mengetahui pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan true pre-eksperimental design, dengan bentuk one group pretest–postest design Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan true pre-eksperimental design, dengan bentuk one group pretest–postest design Populasi dalam penelitian ini adalah: seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur yang sebagian besar belum mampu dalam Meningkatkan Hasil Belajar, sampel yang digunakan adalah: berjumlah 20 orang siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu: nilai t hitung sebesar 5.133 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 20 sebesar 2.093. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t pada tabel (5.133 > 2.093) sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini “signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Nol ( ) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Autoplay Quis Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 3 Sakra Timur.
OPTIMALISASI PERAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN ANAK AUTIS MELALUI PROGRAM KONSELING KELUARGA Basten Yuni Artika
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.834 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.15

Abstract

Peran orangtua sangat penting dalam menstimulasi perkembangan anak. Terlebih bagi anak berkebutuhan khusus yang memiliki beraneka hambatan. Kebanyakan orangtua tidak paham, kurang pengetahuan yang cukup dalam menstimulasi perkembangan anak, sehingga diperlukan suatu program konseling keluarga. Keluarga berperan penting bagi anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kesadaranakan pentingnya peran orangtua dalam rangka mengoptimalkan tumbuh kembang anak, serta membantu menciptakan waktu yang berkualitas antara orangtua dan anak melalui kegiatan belajar yang dirancang untuk meminimalisir hambatan konsentrasi pada anak autis. Apapun indikator dalam analisis penelitian ini adalah perasaan dan harga diri, kualitas komunikasi, sistem keluarga, analisis kebutuhan keluarga, dan program konseling keluarga yang dilaksanakan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dan sumber data dengan pertimbangan tertentu. Penelitian dilakukan pada keluarga yang memiliki anak autis berusia 5 tahun dengan hambatan konsentrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari indikator perasaan dan harga diri terlihat bahwa keluarga kurang percaya diri dalam menangani anak. Dari indikator kualitas komunikasi keluarga ini kurang baik, untuk itu diperlukan tahapan analisis kebutuhan keluarga yaitu sebuah konseling keluarga. Sampai akhir tahapan penelitian, menunjukkan melalui program konseling keluarga berupa diskusi dan sharing serta penyadiaan waktu belajar antara ibu dengan anak dengan kegiatan belajar yang telah dirancang, terciptalah waktu yang berkualitas dari orangtua untuk mengoptimalkan perkembangan anak dan meminimalisir hambatan konsentrasi pada anak melalui kegiatan belajar.
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI KELAS IV SD NEGERI 064989 MEDAN Azizah Yusra Amaliyah Harahap; Rhodhiatur Rahmah; Hadi Widodo; Sindi Ramadhani
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2021): February
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.411 KB) | DOI: 10.36312/lpi.v2i1.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dalam belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064989 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata peningkatan kreativitas belajar matematika bagi siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil siklus I diperoleh 14 dari 26 siswa kategori cukup dengan rata-rata 53.85%. Hasil siklus II terdapat peningkatan kreativitas matematika siswa sebesar 26.92% dari 26 siswa yang mengikuti tes. Sebanyak 21 siswa berada dalam kategori cukup dengan rata-rata 80.77%.