Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2021): May

ANALISIS TINGKAT KECEMASAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SISWA KELAS VII PUTRA MTS AL-MA’ARIF MUJUR KECAMATAN PRAYA TIMUR

A. Abdurrahman (Universitas Pendidikan Mandalika)
I. Isyani (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tingkat kecemasan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar roll depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat  Kecemasan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Roll Depan Siswa Kelas VII Putra  MTs Al-Ma’arif Mujur Kecamatan Praya Timur Tahun Pelajaran 2020/ 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas VII Putra MTs Al-Ma’arif Mujur Kecamatan Praya Timur yang berjumlah 19 orang. Metode penelitian menggunakan ex post fakto. Metode pengumpulan data dalam variabel X dan variabel Y menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution),hasil pengolahan data yang diperoleh hasil persamaan regresi Y = 93,143 – 0,069X1 – 0,098X2. Hasil perhitngan secara simultan diperoleh hasil uji parsial untuk t hitung 1,024 < dari F tabel 4,45 dan nilai signifikasi sebesar 0,382 l > dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh Kecemasan (X1) dan Motivasi (X2) secara simultan terhadap Y. Sedangkan nilai kofisien regresi variabel kecemasan adalah sebesar 1,399 dengan t tabel sebesar 2,120, signifikasi variabel kecemasan terhadap variabel dan nilai sig sebesar 0,181 atau > dari nilai alpha 0,05. Kesimpulannya nilai t hitung < t tabel -1,399 < 2,120 dan nilai signifikasi 0,181 > 0,05 artinya variabel Kecemasan berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Roll Depan atau H1 diterima dan H2 ditolak. Hasil nilai koefisien regrasi variabel motivasi adalah (t hitung) sebesar -0,790, dengan t tabel 2,120, signifikasi variabel motivasi kerja terhadap variabel terkait yaitu motivasi kerja sebesar 0,441 atau > dari 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa nilai t hitung > t tabel dan signifikasi 0,441 > 0,05 artinya variabel Motivasi berpengaruh terhadap Hasil Belajar Roll Depan atau H1 diterima dan H0 ditolak. Nilai R Square sebesar 0,337. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar (X) secara simultan terhadap variabel adalah sebesar 33,7%. sedangkan sisanya, yaitu 67,3% (100% - 33,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di dalam model regresi linier ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...