Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2020): November

Pengaruh strategi pembelajaran synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa

Nani Nurul Hidayatul Fitri (Universitas Pendidikan Mandalika)
Endah Resnandari Puji Astuti (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Permasalahan pada hasil belajar siswa kelas VIII MTs NW Pengkelak Mas pada mata pelajaran PPKN ditemui gejala-gejala yang menunjukan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran strategi synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKN di MTs NW Pengkelak Mas Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk melihat keadaan di sekolah, tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai t-hitung 4.91dan t-tabel 2.074 dengan taraf signifikan 5% dengan demikian t-hitung > t-tabel yaitu (4.91 > 2.074) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...