Permasalahan pada hasil belajar siswa kelas VIII MTs NW Pengkelak Mas pada mata pelajaran PPKN ditemui gejala-gejala yang menunjukan kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran strategi synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKN di MTs NW Pengkelak Mas Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi untuk melihat keadaan di sekolah, tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai t-hitung 4.91dan t-tabel 2.074 dengan taraf signifikan 5% dengan demikian t-hitung > t-tabel yaitu (4.91 > 2.074) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.
Copyrights © 2020