Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung melalui model discovery learning kelas IX B SMP Negeri 2 Mojosongo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Mojosongo. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan lembar pengamatan dan instrumen tes yang dianalisis secara deskriptif, komparatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan (1) Sikap jujur siswa menjadi sangat baik dengan skor rata-rata 3,8; (2) hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 61,25 pada siklus I menjadi 88,63 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan sikap jujur dan hasil belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Mojosongo pada materi bangun ruang sisi lengkung.
Copyrights © 2020