Media Barang Bekas Untuk Meningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Dalam Speaking Procedure Text. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan barang bekas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kemampuan Speaking Procedure Text dan mengetahui apakah penggunaan barang bekas dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada kemampuan berbicara teks procedure. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penulis mendiskripsikan hasil-hasil tes, angket, dan pengamatan lainnya yang mendukung proses pembelajaran khususnya di kelas IX-G SMP Negeri 2 Ngawi. Di kelas ini jumlah siswa adalah 34 orang yang terdiri atas 13 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dan unjuk kerja. Hasil belajar siswa terlihat meningkat yaitu rata-rata nilai 60 pada kondisi pra siklus, menjadi 74.4 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78.8 pada siklus II. Sedangkan hasil angket menunjukkan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran ini sangat baik dan mendukung sekali pembelajaran di kelas sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Copyrights © 2021