Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2021): May

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN DARING PRODUKSI MEDIA CETAK

Muh Husein Baysha (Universitas Pendidikan Mandalika)
Endah Resnandari Puji Astuti (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Pandemic covid-19 yang merebak di seluruh dunia termasuk di Indonesia berdampak pada semua sector kehidupan termasuk pada sector Pendidikan. Hingga tahun 2021 ini seluruh kegiatan pembelajaran masih dilakukan secara daring atau melakukan pembelajaran jarak jauh tanpa tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah; (1) mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan produki media cetak secara daring, (2) mengukur persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah produksi media cetak secara daring, (3) mendeskripsikan kendala pelaksanaan pembelajaran produksi media cetak secara daring. Populasi penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa semester 4 Prodi Teknologi Pendidikan UNDIKMA yang berjumlah 30 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner dan wawancara/interview. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui cara menganalisis secara deskriptif pelaksanaan pembelajaran mata kuliah produksi media cetak secara daring, analisis kuesioner persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran produksi media cetak secara daring. Hasil penelititian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah produksi media cetak dilaksanakan secara daring dengan menggunakan metode project based learning. Persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukkan sebanyak 11 mahasiswa atau sebesar 36,7% mahasiswa memiliki persepsi sangat baik terhadap perkuliahan Produksi media cetak yang dilakukan secara daring. Sebanyak 17 mahasiswa atau sebesar 56,7% memiliki persepsi baik terhadap perkuliahan Produksi Media cetak secara daring dan 3 mahasiswa (6,7%) yang memiliki persepsi cukup. Sementara itu sebanyak 0% mahasiswa atau tidak ada mahasiswa yang memiliki persepsi kurang dan buruk terhadap pembelajaran produksi media cetak yang dilakukan secara daring. Kendala pelaksanaan pembelajaran produksi media cetak yang dilaksanakan secara daring adalah: (1) kurangnya jaringan internet bagi sebagian mahasiswa yang berlokasi di daerah dengan jangkauan internet yang kurang; (2) beberapa mahasiswa masih merasa berat dengan pengadaan kuota internet sebab belum semua mahasiswa memperoleh kuota belajar gratis; (3) motivasi mengikuti pembelajaran daring bagi beberapa mahasiswa yang masih rendah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...