Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 2 No. 3 (2021): August

HUBUNGAN KINERJA GURU DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Wardiah Aeni (Universitas Islam Negeri Mataram)
Suhirman Suhirman (Universitas Islam Negeri Mataram)
Alkusaery Alkusaery (Universitas Islam Negeri Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kinerja guru dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di MA Yusuf Abdussatar Kediri Lombok Barat. Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu kinerja guru (X₁) dan pola asuh orang tua (X₂) sebagai variabel bebas serta kemandirian belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Adapun Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data ialah berupa angket dan wawancara. Populasi pada penelitian ini berjumlah 107 siswa. Adapun teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis statistik dengan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kinerja guru dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas X di MA Yusuf Abdussatar. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS22 sehingga didapat nilai pada uji silumtan model regresi ganda yaitu berupa f hitung = 10,60 dan f tabel = 3,32 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa nilai f hitung variabel kinerja guru dan pola asuh orang tua > f tabel yaitu 10,60 > 3,32, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lpi

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning ...